10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

StArt Flash- Emas adalah salah satu logam mulia yang ingin dimiliki oleh hampir semua orang. Sifatnya yang liat namun cukup kuat, mudah ditempa, dan warnanya yang menarik serta berkilau menjadikan emas sebagai mineral yang paling diminati di dunia.

Tahukah kamu di mana negara-negara yang banyak menghasilkan atau memproduksi emas? Berikut ini adalah daftar 10 negara penghasil emas terbesar di dunia.

10. Uzbekistan (100 ton)
Penambangan emas memainkan peranan penting bagi perekonomian negara di Asia Tengah ini. Cadangan emas banyak ditemukan di wilayah Gurun Kyzylkum yang pertama kali ditemukan pada tahun 1958. Produksi emas Uzbekistan adalah 200 ton pertahun, yang turun 2 ton dari tahun sebelumnya.

9. Indonesia (100 ton)
Produksi emas Indonesia meningkat dari 97 ton ke 100 ton pada 2016. Tambang Grasberg di Papua yang dikelola oleh PT Freeport menjadi tambang penghasil emas terbesar di Indonesia.

8. Meksiko (125 ton)
Meskipun sejarah mengenal Meksiko sebagai negara penghasil perak, negara yang dikenal sebagai Negeri Sombrero ini juga menghasilkan produksi emas yang besar. Emas telah ditambang selama 500 tahun di Meksiko. Produksi emas Meksiko di tahun 2016 mencapai 125 ton sehingga menempatkan Meksiko sebagai negara penghasil emas terbesar kedelapan saat ini.

7. Afrika Selatan (145 ton)
Dahulu, Afrika Selatan adalah negara penghasil emas terbesar di dunia. Tetapi beberapa dekade trakhir menunjukkan bahwa produksi emas di Negeri Pelangi ini menurun drastis. Pada tahun 2015, Afrika Selatan menghasilkan emas sebanyak 145 ton dan turun menjadi 140 ton di 2016.

6. Peru (150 ton)
Eksploitasi alam untuk mendapatkan emas telah berlangsung sejak 1570 saat Vicerroy Fransisco de Toledo berkuasa di Peru. Penambangan emas dan perak menjadi kegiatan ekonomi utama pada saat itu. Hingga kini, penambangan emas ilegal masih sering terjadi di negara yang menghasilkan emas 150 ton per tahun ini.

5. Kanada (170 ton)
Produksi emas di Kanada meningkat pesat pada tahun 2016. Di tahun tersebut, negara paling utara di Benua Amerika tersebut mampu memproduksi emas hingga 170 ton. Kanada menjadi negara kelima penghasil emas terbesar di dunia.

4. Amerika Serikat (209 ton)
Penambangan emas di Amerika Serikat telah berlangsung terus-menerus sejak ditemukannya emas di Carolina Utara pada abad ke-17. Penambangan emas skala kecil kemudian berkembang menjadi besar setelah adanya Demam Emas California pada tahun 1848. Hingga sekarang, ada sebanyak 37 perusahaan tambang yang menambang emas di Negeri Paman Sam ini. Produksi emas Amerika Serikat mencapai 209 ton pada tahun 2016.

3. Rusia(250 ton)
Negara terluas di dunia ini juga menjadi salah satu dari negara penghasil emas terbesar di dunia. Tambang emas utama Rusia berada di Polyus, Krasnoyarsk, Siberia. Tambang yang dikelola oleh Polyus Gold International ini mampu memproduksi 1,5 juta ons per tahun. Jumlah ini setara dengan 20% dari total produksi emas Rusia yang mencapai 250 ton dalam setahun.

2. Australia (270 ton)
Demam emas juga terjadi di Australia pada tahun 1850 saat tambang emas ditemukan di negara bagian Victoria. Penambangan demi penambangan masih berlangsung sampai saat ini. Australia menjadi negara kedua produsen emas di dunia dengan jumlah produksi mencapai 270 ton pertahun.

1. Cina (455 ton)
Selama sepuluh tahun terakhir, Cina memegang posisi sebagai negara penghasil emas terbesar di dunia. Dilaporkan bahwa pada tahun 2016 produksi emas Cina menembus angka 455 ton. Selain menjadi negara penghasil emas terbesar di dunia, Cina juga menjadi negara konsumen emas terbesar di dunia. Selama empat tahun berturut-turut, konsumsi emas di Cina merupakan yang terbesar di dunia.

Sumber : libgar.com

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...