11 SKPD Pemprovsu Berperan dalam Bangdes Madu Desa Aek Banir

Panyabungan.StArtNews- Hingga saat ini sudah 11 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemprovsu menyatakan ikut berpartisipasi dalam program Bangun Desa Mandiri Terpadu (Bangdes Madu) desa binaan propinsi Desa Aek Banir Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal (Madina).

Demikian disampaikan Plt Kadis Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Madina H. Gojali, SH.,MM bersama Kasi Kelembagaan Mhd. Nasir Lubis kepada wartawan, Rabu sore (19/7/2017).

“Dari keterangan PMD Peropinsi sudah ada 11 SKPD yang ikut berperan dalam program tersebut. Dengan memberikan bantuan untuk keperluan masyarakat desa binaan, “katanya.

Dia mencontohkan seperti Dinas Tarukim, melakukan bedah rumah penduduk sebanyak 15 unit. Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan memberikan bantuan 30 ekor Kambing.

Dinas Prindag bantu 15 unit Mesin Jahit sekaligus memberikan pelatihan terhadap masyarakat selama beberapa hari .

“Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan rehab rumah, sementara tujuan Bangdes Madu untuk mengupayakan bagaimana masyarakat desa itu bisa mandiri yang akan menjadi motivasi dan contoh bagi desa lainnya “ujarnya.

Dijelaskannya pihaknya sifatnya hanya memfasilitasi program Bangdes Madu propinsi, yang rencananya akan diresmikan oleh Gubernur pada Tanggal 28 Juli mendatang.

“Program ini hanya untuk 2 desa se Sumut, satu Desa Aek Banir dan Desa Jago Jago Tapteng. Dan ada 4 kegiatan nanti Madina jadi tuan rumah yakni Jambore TTG (teknologi tepat guna), pencanangan bulan bakti gotong royong masyarakat, hari kesatuan gerak (HKG) PKK, serta pencanangan bangdes madu yang akan diresmikan Gubsu” katanya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...