1100 Ha Lahan Sawah di Mandailing Natal Beralih Fungsi

Lahan Persawahan di Huta Siantar yang sudah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk.

Lahan Persawahan di Huta Siantar yang sudah beralih fungsi menjadi pemukiman penduduk.

Panyabungan.StArtNews-Sebanyak 1100 Hektare lahan pesawahan di wilayah Kabupaten Mandailing Natal saat ini sudah beralih fungsi, sebagian besarnya ada di Kecamatan Panyabungan, lahan – lahan persawahan tersebut dijadikan untuk pemukiman penduduk, parahnya rata – rata lahan persawahan yang dirubah menjadi pemukiman penduduk itu adalah lahan yang dilewati jaringan irigasi persawahan.
Data yang diperoleh StArtNews dari Dinas Pertanian kabupaten Mandailing Natal menyebutkan, dari 21.143 hektar lahan persawahan yang ada, 1100 nya sudah beralih fungsi, di wilayah Kecamatan Panyabungan ada 165 Hektare lahan persawahan yang sudah beralih fungsi, lahan ini sangat berpengaruh pada tingkat kebutuhan beras di Wilayah Mandailing Natal.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal, Ir. Taufik Zulhendra Ritonga menjelaskan untuk wilayah kota Panyabungan, peralihan hamparan sawah menjadi pemukiman penduduk cukup luas, ada sekitar 165 hektar hamparan sawah yang sudah beralih fungsi, itu masih hitungan kasar yakni dari wilayah Desa Pidoli sampai ke Desa Sigalapang Lintas Timur. artinya dari 165 hektar hamparan sawah yang sudah beralih fungsi ketika dikalikan dengan dua kali musim tanam, berarti ada sekitar 330 hektar dan dikali 5 ton per hektarnya hasil produksi berarti ada sekitar 1.650 ton gabah per dua kali masa panen yang hilang. Ini jadi bukti peralihan fungsi hamparan sawah ini sangatlah berpengaruh kepada kebutuhan beras di wilayah Mandailing Natal. Papar Taufik Zulhendra Ritonga.
Kepala Dinas Pertanian Mandailing Natal berharap pada masyarakat khusunya di wilayah Kota Panyabungan agar jangan terlalu mudah mengalihfungsikan lahannya khususnya lahan yang dilewati irigasi, sehingga 20 tahun kedepan, kondisi kebutuhan beras di Kabupaten Mandailing Natal khususnya di Kota Panyabungan tidak meski harus mendatangkan beras dari luar daerah.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...