25 Tahun Balai Desa Ini Terlantar

START NEWS – Balai Desa Situmba di Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) masih belum mendapat sentuhan dan perhatian dari pemerintah.

Padahal, balai desa tersebut merupakan aset pemerintah khususnya untuk masyarakat wilayah Situmba, Kecamatan Sipirok. Tetapi, sudah puluhan tahun tak bisa dimanfaatkan, namun Pemkab Tapsel belum juga memperhatikannya.

Pantauan Wartawan, Kamis (9/6), bangunan semi permanen balai desa  ukurannya sekitar 8×20 meter persegi yang terletak di pinggir Jalinsum tersebut, seolah menjadi barang rongsokan yang menunggu sentuhan pembangunan.

“Sudah lebih 20 tahun tidak berfungsi. Begitulah kondisinya, rusak parah dan tak ada perbaikan sama sekali,” sebut Syahminan (40).

Sementara itu, R Siregar (48) salah seorang warga mengatakan, balai desa tersebut dibangun sekitar tahun 1980-an dan tak difungsikan sekitar 25 tahun terakhir.

“Bangunan ini dibangun ketika masa kepemimpinan Gubernur Sumut Marahalim. Dulu bangunan itu sering digunakan sebagai tempatmusyawarah, perayaan hari besar agama dan tempat pengajian. Namun karena sudah mengalami kerusakan akhirnya tak dipakai lagi,” terangnya.

Beberapa warga menyampaikan, pemerintah perlu memperhatikan fasilitas umum tersebut sebagai bagian dari program percepatan pembangunan ke depan.

Sebab, jika balai desa tersebut dibangun dan difungsikan, maka masyarakat wilayah Situmba akan memiliki sarana untuk menggelar kegiatan umum seperti musyawarah dan kegiatan keagamaan serta kegiatan lainnya, dalam mendukung program pemerintah.

Sumber : Metro Tabagsel

                                                                                                                                                                                       Admin Website : Musly Joss Start

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...