3 Hal yang Harus Diperhatikan Agar Tidur Siang Tidak Kehilangan Manfaat

management-tidur-siang

Start News – Kesibukan sehari-hari membuat waktu jadi sangat terbatas, jarang sekali ada kesempatan untuk tidur siang. sekalinya bisa tidur siang, kesalahan-kesalahan spele bisa menghilangkan manfaatnya.

Tidur siang dibutuhkan untuk menyegarkan kembali fungsi otak saat mulai kelelahan. Ada juga yang melakukannya untuk melunasi kekurangan tidur pada malam hari, meski sebenarnya tidur siang tidak benar-benar menyamai kualitas tidur malam karena durasinya relatif singkat.

Dengan kesempatan yang sangat terbatas, tidur siang harus dimanfaatkan benar-benar agar waktu yang terpakai tidak sia-sia. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu diperhitungkan.

  1. Waktu

Mayo clinic menyebutkan, waktu terbaik untuk tidur siang adalah siang hari menjelang sore yakni sekitar pukul 14.00 hingga 15.00. Kelelahan fisik dan pikiran biasanya mencapai puncaknya pada waktu-waktu tersebut. Penting juga untuk memperhitungkan pilihan waktu agar tidak terlalu sore, agar pada malam harinya tidak susah tidur.

  1. Durasi

Berbeda dengan tidur malam yang butuh 7-8 jam, tidur siang idealnya cukup dilakukan selama 10-30 menit. Durasi tidur yang dikategorikan sebagai ‘mini sleep‘ cukup untuk memulihkan stamina fisik dan kemampuan motorik. Terhadap alertness atau kewaspadaan, efeknya lebih manjur dibanding segelas kopi.

Sementara itu, sebuah penelitian terbaru menyebut bahwa tidur siang selama lebih dari 1 jam bisa menunjukkan risiko diabetes mellitus. Menurut penelitian yang dipresentasikan di European Association for the Study of Diabetes tersebut, kadar gula darah yang tinggi membuat orang cenderung lebih mudah mengantuk.

  1. Posisi

Walau sebentar, sebaiknya tidur siang dilakukan di tempat yang cukup nyaman. Jika ada tempat khusus semacam napping room tersedia di tempat kerja, manfaatkan. Tidur di tempat sembarangan seperti di meja kerja, kadang bisa menyebabkan nyeri punggung saat terbangun.

Ruangan yang gelap, tenang dan memiliki temperatur sedang bisa membuat tidur siang lebih berkualitas. Pastikan juga untuk tidak buru-buru melanjutkan aktivitas setelah bangun, beri waktu sejenak bagi tubuh untuk menyesuaikan denyut jantungnya.(up/vit)

Sumber: detikhealth.com

Manager Program & Pemberitaan : Hendra Ray

Admin : Ade

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...