32 Calhaj Kotanopan dan Muara Sipongi Ikuti Manasik Haji

Kotanopan, StArtNews- Sebanyak 32 orang Calon Jamaah Haji (Calhajl) Kecamatan Kotanopan dan Muarasipongi yang tergabung dalam Bimbingan Manasik Haji yang difasilitasi  KUA Kecamatan Kotanopan mengikuti peragaan atau simulasi manasik haji, Selasa (10/4).

Kegiatan peragaan manasik haji ini dipandu dan dibimbing H. Armen Rahmad Hasibuan, S.Ag, dari Kemenag Madina. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem pemberangkatan calon haji Indonesia gelombang I, yaitu berangkat dari Embarkasi menuju Bandara Amir Muhammad Madinah.

Dalam kegiatan ini di mulai dengan keberadaan Calon Haji selama di Madinah, yaitu melakukan Shalat Arbain, ziarah ke makam Rasulullah, Raudhah dan berziarah ke tempat-tempat suci lainnya, yang dilanjutkan dengan persiapan mengerjakan Umroh.

“Kepada para calon haji  pria diberikan bimbingan tentang tata cara memakai 2 (dua) kain ihrom yang berwarna putih. Kemudian,  hal- hal yang dilakukan sebelum berniat ihrom, cara mengambil niat umroh dengan miqot di Zulkhulaifa Bir Ali, thawaf, sai dan tahallul,” ujarnya.

Setelah selesai melaksankan umroh, para calon haji memperagakan dan menyimulasikan praktek ibadah haji, mulai dari jamaah haji berihrom dan berniat haji dari Maktab, sampai dengan sistem pemberangkatan jamaah dari Maktab menuju Padang Arafah pada tanggal 8 Zulhijjah melalui sistem Taroddudi, tata cara wukuf Arafah yang merupakan rukun haji.

Sedangkan Kepala KUA Kotanopan Drs. Mhd Yasid dan beserta staf Zulkarnaen Parinduri terus aktif mendampingi para CJH Mandailing Julu ini selama pelaksanaan peragaan dan simulasi manasik haji ini.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...