32 Orang Santri Madina Akan Ikuti MQK Tingkat Nasional

Panyabungan.StArtNews- Sebanyak 32 orang Santri dari berbagai Pondok Pesantren di Kab.  Mandaililing  Natal direncanakan akan mengikuti Musabaqah Qira’atil Kutub ( MQK) ke tingkat Nasional yang berlangsung di Kab.  Jepara Provinsi  Jawa Tengah tanggal 29 November – 7 Desember 2017 nanti.

Hal itu dikatakan Kepala Kantor Kementrian Agama Kab.  Mandailing Natal,  Drs. Muksin Batubara,  M.Pd melalui Kasi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantrenz,  Ahmad Asrin, M.Ag , Senin (16/10)  di Panyabungan.

Dikatakannya,  Ke 32 orang ini nanti akan bergabung dengan Kontingen MQK tingkat Provinsi Sumatera Utara yang berjumlah sekitar 72 orang. Mereka ini hasil seleksi Kegiatan MQK tingkat tingkat Provinsi bulan April lalu.  Saat ini, ke  32 orang tersebut sedang intens mempersiapkan diri.

“Kita cukup berbangga hati,  sebab dari 72 orang nanti yang akan diutus Kontingen MQK  Provinsi, 32 berasal dari Madina. Sedangkan sisanya berasal dari Kabupaten lain. Itu artinya,  Santri Pondok Pesantren di Madina masih bisa bersaing di kancah Provinsi dan Nasional” ucap Asrin,  M.Pd.

Ditambahkannya, pihaknya juga berharap agar keberangkatan ke 32 Santri ini nanti yang akan bergabung dengan kontingen Provinsi mendapat dukungan penuh dari Pemkab Mandailing Natal. Sebab,  ke 32 orang ini walaupun bergabung dengan Provinsi namun mereka juga membawa nama daerah Mandailing Natal.

Sedangkan kepada Pondok Pesantren di Mandailing Natal, Asrin berharap agar terus meningkatkan kualitas keilmuan Santri. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kita berharap setiap tahunnya Santri asal Madina tetap menjadi jumlah terbanyak dalam kegiatan MQK dikirim ke kancah Nasional,” ujar Asrin.

Reporter : Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...