5 Tahun Disekap Taliban, Pria Kanada Akhirnya Bebas

4]MUSIK & INFORMASI PAGI – Seorang warga Kanada akhirnya bebas setelah diculik dan disekap kelompok militan Taliban di Afghanistan sejak lima tahun lalu. Pembebasan pria tersebut berkat bantuan otoritas Qatar.

Colin Rutherford masih berumur 26 tahun ketika dilaporkan hilang pada Februari 2011, saat berkunjung ke Afghanistan sebagai turis. Menteri Luar Negeri Kanada Stephane Dion menyampaikan perihal pembebasan Rutherford tersebut seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (12/1/2016). Namun dia tak menjelaskan lebih rinci mengenai bantuan Qatar dalam pembebasan ini.

“Kanada sangat senang karena upaya-upaya yang dilakukan untuk memastikan pembebasan Colin Rutherford dari penyekapan telah berhasil,” ujar Dion dalam statemennya.

“Kami menantikan Rutherford kembali ke Kanada dan bertemu kembali dengan keluarganya dan orang-orang tercinta,” imbuh pejabat tinggi Kanada itu.

Rutherford diculik di provinsi Ghazni oleh militan Taliban yang menuduhnya sebagai mata-mata. Dalam video yang dirilis kelompok militan itu pada Mei 2011 lalu, Rutherford mengatakan dirinya pergi ke Afghanistan untuk melihat tempat-tempat bersejarah, gedung-gedung tua dan kuil-kuil.

Dalam sidang Senat AS pada Juni 2015 lalu, seorang perwira pasukan khusus Amerika Serikat Letnan Kolonel Jason Amerine yang ditugasi mengupayakan pembebasan tentara AS, Bowe Bergdahl, mengatakan bahwa Departemen Luar Negeri AS telah menolak rencana yang bisa membebaskan Rutherford dan sandera lainnya.

Selama upayanya itu, Amerine menyatakan dirinya mendapat informasi mengenai Rutherford serta warga AS, Warren Weinstein dan lainnya yang disandera Taliban. Weinstein tewas akibat kekeliruan serangan pesawat tak berawak (drone) AS pada Januari 2015.

Adapun Bergdahl yang diculik Taliban di Afghanistan pada tahun 2009, dibebaskan pada tahun 2014 setelah tercapainya kesepakatan mengenai pembebasan sejumlah pemimpin Taliban dari tahanan AS.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...