Aburizal Dinilai Masih Lanjutkan Kepemimpinannya di Golkar sebagai Ketua Dewan Pembina

MUSIK INFORMASI SIANG – Peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Siti Zuhro menilai ada kesinambungan kepemimpinan di Partai Golkar dari Aburizal Bakrie ke Setya Novanto.

Kesinambungan itu juga terlihat dengan posisi Aburizal saat ini, yang menjabat sebagai Ketua Dewan Pembina Partai Golkar.

“Tapi diberikan nuansa baru, yaitu kebersamaan dengan yang lain. Sehingga orang muda tetap mendapatkan ruang di kepengurusan,” kata Siti saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/5/2016).

Menurut Siti, kepemimpinan di tubuh Partai Golkar akan lebih dipegang oleh Dewan Pembina. Menurut dia, Setya Novanto seperti menjabat ketua harian.

“Iya, day to day diserahkan kepada Novanto cs. Novanto tidak single. Ia ditopang oleh kekuatan dari para calon ketum yang kemarin belum lolos. Mereka itu bersepakat kemarin itu kalau saya saksikan secara cermat,” ucap Siti.

Siti mengatakan, Golkar diri sedang berada dalam kondisi terpuruk setelah mengalami dualisme kepengurusan selama lebih dari setahun.

Untuk mengatasinya, kata dia, Golkar pun membangun kepemimpinan secara kolektif.

Ending-nya mensyaratkan siapa pun yang keluar menjadi ketua umum itu juga harus mengadopsi semua kekuatan. Sehingga Golkar menjadi satu kesatuan keluarga besar yang solid,” tutur Siti.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie menegaskan, struktur Dewan Pembina Partai Golkar yang ada saat ini berbeda dengan yang ada saat kepemimpinan Soeharto pada era Orde Baru.

Kewenangan Dewan Pembina saat ini, lanjut dia, tidak sebesar kewenangan pada era Soeharto.

“Kalau Pak Harto bisa batalkan keputusan, kalau saya enggak bisa,” kata Aburizal, Selasa.

Dewan Pembina nantinya akan memberikan rekomendasi kepada DPP terkait hal strategis, termasuk penentuan calon presiden dan pimpinan lembaga tinggi negara.

Rekomendasi dari Dewan Pembina juga tidak mengikat dan tidak harus dijalankan oleh DPP Golkar.

“Tapi ditulis di situ, harus diperhatikan secara sungguh-sungguh,” ujar Aburizal.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...