Acara Syukuran Panen di Paya Ombur

Kotanopan, StArtNews- Warga desa Hutarimbaru Kecamatan Kotanopan Kab. Mandaililing Natal melaksanakan acara syukuran panen padi dan bayar nazar di areal persawahan warga di Paya Ombur di desa tersebut, Minggu (15/4).

Acara yang diikuti puluhan orang  ini dilaksanakan sebagai wujud terima kasih kepada Allah atas  hasil panen padi yang baik di musim panen ini. Acara ini juga dibarengi dengan masak lemang yang dilakukan petani di pondok masing-masing di tengah sawah, kemudian dikumpulkan untuk dimakan secara bersama-sama. Selebihnya lemangnya dibagikan kepada warga desa.

Ibrahim, salah seorang tokoh masyarakat Hutarimbaru yang dihubungi mengatakan, acara syukuran ini dilaksanakan di tengah sawah Paya Ombur sebagai bentuk ucapan terimakasih kepada Allah SWT atas hasil panen yang baik di musim ini.  Kemudian,  untuk membayar nazar para petani beberapa waktu lalu.

Ditambahkannya, bentuk acara syukuran dan bayar nazar ini dilakukan dengan shalat berjamaah, membaca tahlil,  tahtim dan doa secara bersama-sama di tengah-tengah sawah.  Kemudian, dilanjutkan makan lemang bersama yang dimasak para petani di Pondok sawah masing-masing.

Kepala desa Hutarimbaru Rasoki yang dihubungi mengatakan, acara ini sudah menjadi rutinitas setiap panennnya. Selama ini, hasil  panen padi di Paya Ombur ini memang tidak selamanya bagus. Hal ini mengingat air untuk tanaman padi di kawasan ini  mengandalkan air hujan. Sudah hampir puluhan tahun pengairan sawah yang luasnya hampir 50 hektar ini terus mengandalkan air hujan disebabkan irigasinya tidak ada lagi.  

Ditambahkannya, keberadaan sawah di daerah Paya Ombur ini sangat membantu bagi warga.  Makanya, walaupun irigasinya tidak ada, warga tetap berupaya mengelolanya menjadi  sawah.  Bahkan tidak jarang, terkadang petani mencangkul malam hari kalau hujan pas lagi turun.  Sebab, kalau siang hari di tunggu tunggu terkadang tidak turun.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...