Ada Ujian Rekrutmen Calon Petugas Haji di Kemenag Madina

Panyabungan, StArtNews- Untuk mendapatkan petugas haji yang berkualitas, berkompetensi dan profesional yang mampu mengantar para jamaah haji meraih haji mabrur. Kemenag Mandailing Natal melaksanakan Ujian rekrutmen calon petugas Haji tahun 2018 yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal.

Dari data yang didapat StArtNews dari panitia Marhani S.Ag, ada 13 orang peserta yang diuji, mereka adalah dari kalangan Aparatur Sipil Negara di lingkungan Kementerian Agama, kemudian dari Pondok pesantren. Ke 13 orang ini nantinya akan dibagi tugas yakni 4 orang untuk TPHI, 6 orang untuk TPIHI dan 3 orang untuk PPIH Arab Saudi.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal Drs. H. Muksin Batubara, M.Pd  pada StArtNews mengatakan, untuk menjadi petugas haji baik menyertai jamaah haji maupun PPIH Arab Saudi, bukanlah hal yang mudah. Peserta rekrutmen harus melewati tahapan seleksi yang sangat ketat, mulai tahap seleksi administrasi, tertulis sampai pelatihan super ketat.

Ditegaskannya, pola rekrutmen tahun ini dilakukan secara online dan menggunakan sistem Computer Assisted Tes (CAT), yaitu dengan menggunakan Smartphone berbasis android. Peserta langsung mengerjakan soal ujiannya di layar Handphone masing-masing.

Ditambahkannya, pelaksanaan tes Computer Assisted Tes (CAT) dan praktek akan dilaksanakan di Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 12 April 2018 mendatang.

“Beban dan tugas petugas Haji sangat berat tapi mulia. Petugas haji harus mampu memberikan bimbingan, pelayanan dan perlindungan kepada para jamaah haji dengan baik, mulai berangkat dari Embarkasi di tanah suci Arab Saudi maupun setelah tiba kembali di Arab Saudi” ujarnya.

Muksin berharap dengan ujian ini akan menghasilkan petugas haji yang  berkualitas untuk membantu jemaah, utamanya jemaah asal Madina di Mekkah nantinya. Bagi peserta yang tidak lolos nantinya harus belajar lebih banyak dan bersabar.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...