Air Terjun “Lembah Bukit Sidoardoar” Potensi Wisata Alam dan PLTMH

Potensi wisata alam air terjun Sidoardoar.

Panyabungan, StArtNews- Air Terjun Lembah Bukit Sidoardoar di Desa Sale Baru Kecamatan Muara Batang Gadis Kabupaten Mandailing Natal (Madina) memiliki potensi wisata alam sekaligus Pembangkit Listrik Tenaga Migro Hitro (PLTMH).

“Potensi ini masih butuh pengembangan untuk mewujudkan wisata air terjun disamping pemanfaatan pembangkit listrik, “ujar Rafki staf pada Dinas Tenaga Kerja Madina kepada Reporter StArtNews, Senin (5/3)

Katanya Sale Baru merupakan salah satu desa di daerah itu yang sampai saat ini belum dialiri listrik dari PLN dengan jumlah 500 KK yang terdiri dari Desa induk Sale Baru (167 KK), Dusun Bronjong dan Dusun Bulung Gadung.

“Untuk sampai menuju desa ada dua jalan yang bisa kita tempuh, pertama dari Simpang Pos Polisi Tabuyung menuju Desa Sale Baru dengan jarak 27 KM dengan kondisi jalan tanah dan bebatuan ditambah lagi dengan tanjakan dan turunan yang sangat ekstrim dan melewati 3 sungai yang relatif besar tanpa jembatan hanya bisa dilalui dengan kenderaan roda empat 4WD membutuhkan waktu tempuh selama 2,5 jam,” ujarnya.

Jalan kedua yang bisa dilalui agar sampai ke Sale Baru adalah melalui jalan Simpang PT. RMM dengan jarak 35 KM melewati desa Sikara-kara 4 dengan waktu tempuh 3,5 jam dengan kondisi jalan tanah dan bebatuan.

“Untuk sampai ke lokasi air terjun dari Desa Sale Baru yang berjarak 6 KM lagi, dengan waktu tempuh 1 Jam. Setelah sampai di lokasi air terjun kita dapat menyaksikan keindahan air jatuh ke bawah dengan 4 tingkatan dengan ketinggian terjunan 40 meter. Elevasi : 335 meter Debit air : 150 liter/detik Daya terbangkit : 20 kW Cukup untuk menerangi desa induk sale baru yang berjumlah 167 KK dan Fasilitas umum lainnya,” ungkapnya.

Menurut Rafki melihat potensi tersebut Pemprovsu akan membangunkan PLTMH di lokasi ini. “Kita berharap pembangunan terealisasi, sehingga Sale Baru bisa terang dan air terjun bisa jadi tempat wisata, “harapnya.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...