Aktifitas Pengeboran PT.SMGP Buat Rumah Penduduk Retak-retak

Panyabungan.StArtNews- Aktifitas pekerjaan pengeboran yang dilakukan perusahaan panas bumi PT.SMGP (Sorik Marapi Geotermal Power) di wilayah kontrak kerja Sibanggor, Kecamatan Puncak Sorik Marapi Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara semakin meresakkan masyarakat. Aktifitas pengeboran dan kebisingan mesin pengeboran saat beroperasi membuat warga sekitar merasa tidak nyaman, bahkan sejumlah rumah penduk yang dekat dengan lokasi pengeboran diakui warga mengalami kerusakan akibat getaran yang ditimbulkan oleh pengeboran.

Salam salah seorang putra daerah Sibanggor pada StArtNews mengatakan, pihak perusahaan tidak memikirkan sebab akibat yang ditimbulkan oleh perusahaan panas bumi tersebut. Seperti proses pengeboran contohnya, tanpa memikirkan dampak kepada masyarakat dan tanpa merasa terbebani, perusahaan terus menerus melakukan pengeboran tanpa memikirkan dampak getaran yang ditimbulkan oleh mesin bor.

Kondisi saat ini kata Salam, beberapa rumah yang berada dekat  dengan aktifitas perusahaan mengalami retak karena getaran yang ditimbulkan dari aktifitas pengeboran. Kita berharap Otoritas setempat melakukan tindakan.

“Saat ini suara masyarakat setempat tidak akan diperdulikan oleh perusahaan karena merasa mereka mendapat dukungan penuh dari Pemerintah.”papar Salam.

Masyarakat saat ini berharap pada Bupati Mandailing Natal. Drs. Dahlan Hasan Nasution agar memberikan teguran pada perusahaan atas ketidaknyamanan masyarakat terkait aktifitas perusahaan.

Seperti diketahui bahwa pada Jum’at yang lalu,Warga masyarakat Sibanggor sempat melakukan aksi damai di depan Wellpad SM-A Perusahaan. Saat itu, warga berharap perusahaan mengentikan aktifitas pengeboran karena menimbulkan kebisingan dan getaran sehingga mengakibatkan kerugian bagi masyarakat sekitar.

Sebagai perkembangan terkini, Informasi yang didapat StArtNews bahwa perusahaan telah menghentikan sementara aktifitas pengeboran sampai proses perbaikan pengeboran selesai sehingga tidak menimbulkan getaran dan kebisingan bagi masyarakat sekitar.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...