Alimusa Manto Lubis Punya Cita-cita Buat Desa Pastap Jadi Eko Wisata

Panyabungan .StArtNews- Sepak terjang Alimusa Manto Lubis alias Pakcik mungkin sudah kita kenal di jagak Mandailing ini, berkiprah dari Journalis Organisasi Kepemudaan, dan Partai Politik, sekarang beliau menjadi Kepala Desa Di Desa Pastap, Kecamtan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal. Tanpa lelah membangun Sumber Daya Manusia diusia 53 tahun tersebut dia terus berupaya sepenuhnya memberikan dedikasinya pada Masyarakat.

Saat ini Alimusa Manto Lubis alias Pakcik sedang menggagas desa yang dipimpinnya menjadi Desa Eko Wisata dan Desa Agro Wisata Kopi.

Pada StArtNews secara khusus Kepala Desa Pastap mengungkapkan, Desa Pastap memiliki banyak sumber penghidupan yang bisa mengangkat ekonomi Masyarakat, menjadi desa Mandiri Ekonomi, seperti pemanfaatan lahan kosong menjadi tanaman kopi yang saat ini mendunia.

Di Daerah Pastap kata Alimusa Manto Lubis masyarakat sudah mulai memanfaatkan lahan kosong itu menjadi Tanaman Kopi ber kelas dengan ketinggian dari permukaan laut sekitar 1200. Saat ini ada sekita 15 hektar tanaman Kopi  yang dikelola masyarakat desa yang nantinya punya target menjadi desa Mandiri.

Mahalnya modal untuk membuka perkebunan kopi memang menjadi kendala bagi masyarakat desa. Untuk itu, Alimusa Manto Lubis menantang Pemerintah apakah mampu membantu Masyarakat Desanya karena masih ada ribuan hektar lahan di wilayah Desa Pastap yang menunggu sentuhan tangan Pemerintah dan Ayah Angkat

Selain tanaman Kopi kata Ali Musa Manto Lubis  ada lagi yang bisa membangkitkan ekonomi Masyarakat yakni Wisata. Di wilayah Desa Pastap ada belasan Air terjun yang masih terpendam keindahannya, bagi pecinta wisata extrim, Daerah Pastap memiliki Deras Air Sungai yang bisa dijadikan lokasi wisata arung jeram. Panjat tebing yang menantang andrenalin juga tersedia di desa Pastap.

Untuk itu Alimusa Manto Lubis menantang Pemerintah untuk berbuat, dengan membangun pasilitas jalan yang baik  ke desa mereka sebagai penunjang tercapainya desa Eko Wisata dan Desa Agro Wisata Kopi sehingga tercapai desa Mandiri.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...