Arafah Miniaturnya Padang Mahsyar

Mekkah, StArtNews- Jutaan ummat muslim dengan pakaian ihram berkumpul di Arafah. Suhu panas lebih dari 41 derajat celcius, tidak menurunkan semangat para jemaah yang sedang menunaikan wukuf.

“Alhajju arafah”, haji itu adalah Arafah”, kata H. Ahmad Zainul Khobir Batubara, S.Ag,MM dalam khutbah Arafahnya di tenda jemaah haji Mandailing Natal Kloter 3/MES, Senin (20/8).

Dalam khutbahnya, Ahmad Zainul Khobir menyampaikan, “saat ini kita berada di Arafah. Arafah merupakan mianiaturnya Padang Mahsyar. Nanti seluruh manusia akan dikumpulkan dalam satu tempat. Manusia akan mempertanggung jawabankan seluruh perbuatan dan kelakuannya masing-masing.”

“Di Arafah ini semua harus menanggalkan seluruh atribut, mulai pangkat, jabatan, gelar, dan status sosial lainnya. Pakaian ihrom yang dipakai di Arafah ini, mengingatkan kita ke alam barzah/alam kubur, yang hanya membawa kain kafan.”

“Harapan  dalam Wukuf ini, tidak lain terampuninya segala dosa yang pernah diperbuat dan seluruh amal ibadah yang kerjakan di Tanah Suci ini diterima Allah SWT,” ungkapnya.

“Dosa telah membuat kita lupa segalanya. Dosa telah mematikan batin kita. Dosa telah membutakan hati kira.  Taubatlah, sebab hari ini, Allah SWT senang sekali jika hamba-Nya berdoa dan mohon ampun kepada-Nya,” kata Khobir Batubara.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...