Bagian Perekonomian Madina Adakan Sosialisasi Agrabisnis Seraiwangi

Panyabungan (Start News) – Bagian Perekonomian Setdakab Mandailing  Natal adakan pelatihan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dengan materi Sosialisasi Agrabisnis Seraiwangi kepada para Komunitas pecinta serai di aula Hotel Rindang, Dalan Lidang, Kamis, (2/6) kemarin.

Sosialisasi yang mengangkat tema mengentaskan kemiskinan dan pemberdayaan masyarakat  menuju masyarakat Industri ini dihadiri oleh para petani yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Serai Kabupaten Mandailing serta para anggota Kontak Tani Nelayan Andalan Kabupaten Mandailing Natal.

unnamed Dalam sosialisai ini hadir sebagai narasumber yakni Indra Kusuma dari Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balittro),  Muhammad Yusuf Arsad Lubis pelaku bisnis serai wangi, Anwar Mahjuddin selaku eksportir dari Biosurya Gloal Sdn Bhd, Malaysia dan Unggal dari perwakilan Bank Indonesia.

Kepala Bagian Perekonomian Setdakab Mandailing Natal, Jhon Amriadi menjawab  Start FM mengatakan sosialisasi ini dilakukan bermula dengan risaunya Bupati Mandailing Natal Drs. Dahlan Hasan Nasution terhadap jatuhnya harga getah di Kabupaten Mandailing Natal.FB_IMG_1464917009188

Dikatakan Jhon, dengan adanya sosialisasi ini diharapkan nantinya dapat memberi solusi agar masyarakat nanti tidak terfokus kepada usaha karet saja namun bisa mencari solusi usaha lain yakni bertanam seraiwangi.

Disebutkannya saat ini pangsa pasar seraiwangi ini sangat menjanjikan karena ini nantinya akan diekspor keluar negeri.

Untuk itu dia berharap kepada masyarakat petani serai nantinya adalah komunitas unggulan yang bisa membackup para petani-petani dilapangan, sehingga bisa menjadi broker,pendorong.

Dengan demikian para komunitas unggulan tersebut bisa membeli seraiwangi tersebut  dari petani  yang ada.

Dengan adanya sosialisai ini Jhon berharap kepada para petani  agar kegiatan ini jangan hanya menjadi kegiatan seremonial tapi bisa nanti diterapkam didaerah masing – masing, selain sangat mudah, tanaman ini juga tidak ada hama dan penyakitnya.

Reporter : Anugrah Lubis dan Holik Mandailing

                                                                                                                                                                                            Admin Website : Musly Joss Start

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...