Banjir di Patiluban Adalah Banjir Terparah 3 Tahun Terakhir

Natal.StArtNews – Banjir yang melanda sejumlah desa di Kecamatan Natal, Kabupaten Mandailing Natal sampai hari ini belum surut, banjir terparah dialami desa Patiluban Hilir. Banjir di daerah Patiluban Hilir tidak hanya merendam rumah penduduk namun merendam fasilitis umum seperti sekolah dan jalan raya.

Hari ini merupakan hari ke 3 banjir merendam wilayah Patiluban Hilir, jalan raya yang berada di desa itu pun belum bisa dilewati kendaraan roda dua. Hanya kendaraan truk saja yang bisa lewat karena ketinggian air di jalan raya melebihi lutut orang dewasa.

Selain jalan yang belum bisa dilewati, sampai hari ini aktifitas belajar mengajar di sekolah terpaksa ditiadaka karena banjir, sebagian warga sudah mengungsi ke lokasi yang sudah disiapkan pihak Kecamatan, namun sebagian warga masih bertahan di rumahnya. Ketinggian air sendiri yang masuk ke pemukiman penduduk pada pagi ini sudah mulai surut, namun dikawatirkan apabila hujan kembali mengguyur wilayah ini, air akan kembali masuk kepemukiman penduduk. Banjir kali ini memang banjir terparah dalam kurun waktu 3 tahun terakhir.

Amuruddin salah seorang warga korban banjir mengaku telah terbiasa menerima bencana banjir seperti saat ini, apalagi musim penghujan tiba, warga dihadapkan dengan rasa waswas. Mereka berharap Pemerintah memikirkan solusi agar warga desa Patiluban Hilir bisa hidup tenang tanpa harus khawatir lagi banjir.

Banjir di wilayah ini memang kerap terjadi ketika musim hujan tiba, banjir selain diakibatkan hujan, juga diakibatkan pasangnya air laut yang tidak jauh dari desa tersebut sehingga sungai yang membelah perkambungan meluap dan membanjiri pemukiman dan fasilitas umum.

Untuk membantu meringankan penderitaan korban banjir, Rabu sore Dinas Sosial Kabupaten Mandailing Natal serta PMI atau Palang Merah Indonesia Cabang Mandailing Natal langsung turun ke lokasi dan memberikan bantuan. Kepala Dinas Sosial Mandailing Natal Taupik Lubis, SH.,MM pada StArtNews mengatakan, bantuan yang diserahkan berupa Mie Instan dan Beras serta makanan ringan pada Posko Bantuan Banjir di Desa Patiluban Hilir. Bantuan tersebut langsung diterima oleh otoritas setempat.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...