Bawaslu Sumut : Tugas Panwas Mencegah, Mengawasi, Menindak

Komisioner Bawaslu Sumut Kordiv PHL Aulia Andri saat menyampaikan materi di Rakernis Panwascam se- Kabupaten Mandailing Natal.

Panyabungan, StArtNews- Dalam rangka pencermatan Data Pemilih Sementra (DPS) dan pengawasan Kampanye serta penghitungan dana kampanye dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut 2018 Panwaslih Kabupaten Mandailing Natal menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dengan Panwascam se-Madina.

Rakernis yang berlangsung selama dua hari ini di Aula Hotel Madina Sejahtera (11-12/4) diikuti 92 orang peserta, terdiri 3 Komisioner Panwascam se- Madina ditambah satu orang staf panwascam.

Sebagai Narasumber Rakernis kali ini Panwaslih Madina mengundang Komisioner Bawaslu Sumut Kordiv PHL Aulia Andri.

Komisioner Bawaslu Sumut Kordiv PHL Aulia Andri menyampaikan materi Mencegah, Mengawasi, Menindak.

Tugas pokok pengawas pemilu tersebut, adalah mencegah, mengawasi dan menindak, “kata Aulia Andri saat memberikan materi pada Rakernis di Aula Hotel Madina Sejahtera.

Kita semua ini bersaudara kita semua masing-masing menjalankan tugas, jalankanlah tugas sebaik-baiknya dan bertanggung jawab dengan tugasnya, jalin kerja sama dengan pemangku kepentingan di Kecamatan masing-masing.

Dan juga jalin silaturahmi dengan tim pasangan calon, karena kita harus dekat dengan tim pasangan calon agar kita bisa mencegah jika ada penyimpangan pada pemilihan ini, karena mencegah adalah salah satu tugas Pengawas Pemilu,”ucapnya. “Tugas pengawasan bagi kita adalah ibadah. Untuk itu minimal kita bisa menjaga tempat ibadah seperti mesjid, ” jelasnya.

“Selain itu kita juga harus mengajak masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya, untuk meningkatkan partisipasi pemilih juga tugas kita,”ucapnya.

“Dan yang terakhir saya berpesan kepada kawan-kawan Pengawas Pemilu khususnya Panwascam supaya selama bertugas ini menjaga keluarga dan menjaga kesehatan. Kalau kita tidak sehat kita tidak akan bisa kerja maksimal, “tegasnya

Dalam Rakernis ini juga diadakan simulasi cara penghitungan dana kampanye dipandu langsung Koordiv PHL Panwas Madina Maklum Pelawi yang didampingi seluruh staf sekretariat Panwas Kab. Madina.

Seluruh pengeluaran dalam kegiatan kampanye merupakan bagian yang akan dihitung Panwas, dalam hal ini adalah PPL.

Perhitungan Dana Kampanye tersebut dituangkan ke dalam Alat Kerja Pengawasan (AKP) Penghitungan Dana Kampanye.

Sebelumnya Pembukaan Rakernis langsung dilakukan Ketua Panwaslih Madina Henri, S.Sos didampingi Komisioner Panwaslih Madina Kordiv PHL Maklum Pelawi dan Kepala Sekretariat Panwaslih Madina Baharuddin Subuh.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...