BBC Umumkan 100 Perempuan Inspiratif di Dunia

5MUSIK & INFORMASI SIANG –100 perempuan inspiratif dipilih BBC dari berbagai profesi dan tempat di dunia.
Sebanyak 100 perempuan di seantero dunia, berusia 15 tahun hingga 91 tahun, berhak menyandang predikat dari BBC sebagai perempuan-perempuan paling inspiratif sepanjang 2015.

Di antara para perempuan ini, terdapat aktris peraih Piala Oscar, Hillary Swank. Ada pula super model asal Sudan, Alek Wek.

Selain dunia hiburan, tahun ini BBC memusatkan perhatian pada ranah medis. Terdapat enam perempuan yang mendedikasikan hidup mereka sebagai perawat, termasuk Azza Jadalla di Kota Gaza, Palestina, dan Misraa Jimaa di Ethiopia.

Kemudian ada perempuan-perempuan yang berjuang menolong sesama di tengah lingkungan yang menantang.

Di Timur Tengah, ada Maisoun Almellehan, gadis asal Suriah berusia 16 tahun yang mengungsi ke Yordania. Dia berupaya mengajak para remaja pengungsi untuk belajar dan mengenyam pendidikan di sekolah.

Lalu di Venezuela ada Neyda Rojas, seorang biarawati yang mengunjungi penjara-penjara berbahaya untuk mengajar matematika dan sejarah kepada para narapidana.
Di antara 100 perempuan, BBC memilih 30 di antara mereka sebagai pengusaha muda di bawah usia 30 tahun.

Salah satunya ialah Antonia Albert, perempuan asal Jerman berusia 25 tahun yang mendirikan Careship, sebuah toko online untuk lansia.

Dia menganjurkan kaum perempuan untuk lebih percaya diri dan memiliki keberanian untuk mengambil risiko.

Soal usia, tidak semua perempuan inspiratif berusia muda. Estela de Carlotto, misalnya. Perempuan berumur 84 tahun itu adalah pegiat asal Argentina yang berjuang mempersatukan para orang tua dengan anak mereka yang diculik saat bayi oleh junta militer era 1970-an.

De Carlotto sendiri bersua dengan cucunya, Ignacio, pada 2014.

Ke-100 perempuan inspiratif berasal dari berbagai belahan dunia. Mulai dari Li Tingting, pegiat di Cina, Eveles Chimala yang merupakan bidan di Malawi, Jana el-Hassan, seorang novelis Libanon, sampai Megan Grano yang berprofesi sebagai komedian.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...