BIAN Pusat Kukuhkan Pengurus DPD Provinsi Maluku

Panyabungan,StArtNewsBadan Investigasi Aset Negara (BIAN) pusat mengukuhkan kepengurusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) BIAN Provinsi Maluku. Pengukuhan dilakukan oleh Ketua umum BIAN se Indonesia, Parlaungan Nasution, di Hotel Amaris, Jln Ponogoro, Maluku, (19/10) kemarin. Dalam hajatan tersebut, Ketua BIAN Provinsi Maluku yang dikukuhkan adalah Fredy Tamaela, S.Ap.

Hadir dalam pengukuhan, selain Ketua umum organisasi BIAN se Indonesia Parlaungan Nasution, ada Ketua DPD BIAN Propinsi Jawa Timur Sri Rahayu Widia Ningsih, Ketua DPD BIAN Kabupaten Pamekasan Ali Sahbana beserta rombongan, Gubernur Maluku, Pangdam XVI Pattimura, Kapolda Maluku dan Kejati Maluku.

Tugas dan fungsi BIAN yakni mengambil langkah dan tindakan upaya pemulihan Hak Asasi Manusia (HAM), berorientasi kemasyarakatan untuk kepentingan negara dan masyarakat Indonesia dengan fungsi peraturan, peradilan dan penegakan kebenaran yang menjunjung tinggi keberadaan HAM.

Selain itu fungsi lainya juga adalah, mensosialisasikan hukum dan peraturan perundang-undangan kepada masyarakat dan melaksanakan pembelaan dan bantuan hukum di dalam dan luar pengadilan untuk negara dan masyarakat, penegakan HAM dengan tetap berpedoman kepada hukum dan perundang-undangan yang berlaku di wilayah NKRI serta wajib melaksanakan ketentuan-ketentuan hukum pasal 14 sampai dengan 17 yang diatur dalam KUHP sebagai salah satu landasan hukum teknis dan pelaksanakan.

Ketua umum BIAN pusat, Parlaungan Nasution, di kantor pusat BIAN, Jln Willem Iskander Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara, Senin (23/10) kepada StArtNews menyampaikan, bahwa inilah bukti Allah Swt telah memberikan rahmat dan hidayahnya kepada dirinya untuk menerapkan penegakan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di wilayah Indonesia.

Putra Mandailing Natal yang lahir di Desa Pidoli Lombang ini pun mengajak seluruh elemen masyarakat supaya interospeksi diri. “Mari kita interospeksi diri, masing- masing tentang diri kita sendiri, jangan selalu membuat tolak ukur terhadap orang lain. Semoga Allah menambah ilmu yang bermanfaat kepada diri kita dan diri orang lain, dan jadikanlah diri kita ini hidup bagian dari orang lain. Karya anak bangsa, salam sejahtera, salam hormat, salam merah putih. NKRI  Harga Mati,” tandas Parlaungan Nasution, anak desa yang tidak diduga telah berjuang dan berkiprah di skala nasional.

Reporter : Zein Nasution

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...