Bupati Buka Panel Diskusi Optimisasi UPP Satgas Saber Pungli

sidaknews

Panyabungan.StArtNews- Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs. H. Dahlan Hasan Nasution membuka secara resmi acara Panel Diskusi Optimalisasi Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Satuan Tugas (Satgas) Sapu Bersih (Saber) Pungutan Liar (Pungli) Kabupaten Mandailing Natal (Kab. Madina), Kamis (28/12) di Gedung Serba Guna Jl. Willem Iskandar desa Parbangunan Aek Godang Panyabungan.

Bupati Madina menyampaikan bahwa Satgas UPP liar Kab. Madina yang dikukuhkan pada tanggal 21 Februari 2017 lalu bukan hanya acara seremonial saja. Atas dasar itulah panel diskusi ini adalah tindak lanjut dari pengukuhan Satgas Saber Pungli Kab. Madina dan juga sebagai wujud nyata komitmen UPP Satgas Saber Pungli Kab. Madina dalam menindaklanjuti Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satgas Saber Pungli, karena peran UPP Satgas Saber Pungli sangat dibutuhkan dalam memberantas praktek praktek pungli, baik secara personal maupun sistematis telah merusak sendi kehidupan dalam bermasyarakat. Oleh karena itu peran unit pemberantasan Pungli berlaku untuk semua Kabupaten/Kota se Indonesia.

Lebih lanjut disampaikan Bupati Drs. H. Dahlan Hasan Nasution bahwa Panel Diskusi Optimalisasi Peran UPP Satgas Saber Pungli Kab. Madina kita jadikan sebagai sarana sosialisasi untuk menyampaikan ke seluruh lapisan masyarakat setempat Madina yang kita banggakan. Karena dengan acara seperti ini kita bisa berbagi informasi dan pendapat dengan nara sumber pemberi paparan pada kegiatan panel diskusi. Sebab salah satu tujuan pembentukan UPP Satgas Saber Pungli adalah untuk menjadi titik awal perbaikan sistem pelayanan publik daerah maupun pelayanan publik daerah maupun pelayanan publik vertikal,karena wilayah tugas Satgas Saber Pungli bukan hanya pelayanan publik daerah tapi juga pelayanan publik yang bertanggungjawab secara vertikal.

Ditambahkan Bupati bahwa perlu kita sadari bersama dimana pemberantasan praktek pungutan liar bukan hanya tugas Satgas semata, tapi tugas kita semua tanpa terkecuali harus mempunyai semangat dan misi yang sama untuk ikut memberantas praktek-praktek pungli yang merugikan masyarakat, karena salah satu tujuan dari pembentukan Satgas UPP Liar,ini adalah untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat atas sistem pemerintahan yang bersih dari segala sesuatu yang merugikan masyarakat.

Saya berharap kepada Satgas agar segera menyusun rencana kegiatan tahun 2018 dengan tetap berkoordinasi sesama unsur Satgas karena unsur Satgas UPP Liar adalah gabungan antara aparat Pemerintah bersama aparat penegak hukum agar nantinya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab tidak terjadi konflik kepentingan, pungkas Bupati.

Reporter: R Ray

Editor: Hanapi lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...