Bupati Madina : 2017 Pemkab Madina Kembangkan Tanaman Kopi

Wakil Bupati Madina H. M. Jakfar Sukhairi Nasution menyerahkan RAPBD TA 2017 kepada Ketua Dewan untuk dibahas.

Panyabungan.StArtNews-Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution berjanji pada tahun 2017 akan mengembangkan tanaman kopi untuk beberapa wilayah yang ada di Mandailing Natal (Madina), jenis kopi yang akan dikembang itu jenis Arabika dan Robusta.
Demikian disampaikan oleh Bupati Madina Drs. Dahlan Hasan Nasution dalam Pidato tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati Madina. H. M. Jakhfar Sukhairi Nasution, pada paripurna DPRD Madina, dengan agenda jawaban Bupati Madina atas Pandangan Umum Fraksi babak Pertama terhadap Nota Pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah tahun anggaran 2017 ( R.APBD ) Senin (19/12).
“Kopi untuk jenis Arabika akan dikembangkan di Kecamatan Batang Natal, Ulu Pungkut, Kotanopan, Pakantan, Puncak Sorik Marapi, Tambangan dan Panyabungan Timur, “kata Bupati.
Sedangkan untuk jenis Robusta kata Bupati, direncanakan akan dikembangkan pada wilayah dataran rendah.
“Selain itu Dinas Pertanian akan memberikan bantuan bibit kopi ke masyarakat serta pendampingan dalam proses pengembangkannya, “ungkap Bupati.
Selain untuk mengembangan Kopi ini kata Bupati juga akan dilaksanakan rehabilitasi kebun kopi robusta yang ada di kecamatan Tambangan, Batang Natal dan Panyabungan timur.
“Pada tahun 2016 Kabupaten Madina telah mendapat Hak indikasi Geografis Kopi Arabika Sumatera Mandailing dari Kemenkum Ham pada tanggal 3 Nopember 2016 lalu di Jakarta, “katanya.
Dasar dari Penerimaan itu kata Bupati adalah bahwa kopi Mandailing mempunyai cita rasa dan aroma yang khas dan kuat serta memperoleh nilai skor uji cita rasa diatas rata – rata yaitu 85 (batas skor).
Reporter : Z Ray

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...