Bupati Madina akan Luncurkan Program James Bon

Kotanopan,StArtNews- Bupati Mandailing Natal Drs.  Dahlan Hasan Nasution akan meluncurkan program James Bon (Jaga Masjid dan Kebon). Hal itu dikatakan Bupati di hadapan masyarakat Kotanopan, baru baru ini  saat silaturrahmi dengan tokoh masyarakat Kotanopan.

Dikatakan Bupati, program ini bertujuan untuk memberdayakan pengurus Masjid dan menambah inkam Masjid atau Pondok Pesantren.  Jadi pekarangan atau kebun milik Masjid dan Pondok Pesantren akan dikelola oleh pengurus Masjid  dengan di tanami dengan tanaman yang menghasilkan.

“Sebagaimana diketahui,  khusus Pondok Pesantren di Madina ada yang mempunyai tanah pekarangan atau punya kebun masing-masing.  Jadi,  pengurus Masjid yang ada di Pondok Pesantren tersebut diberdayakan untuk mengurusi kebun milik Pesantren. Hasil dari kebun ini nanti akan digunakan untuk membantu keuangan Pondok Pesantren masing-masing,” ujar Bupati.

Ditambahkannya, hal ini tidak jauh beda dengan Masjid-masjid yang ada di Madina. Bagi Masjid yang ada pekarangan atau kebun akan ditanamani dengan sayuran atau tumbuhan lain yang menghasilkan. Jadi disela-sela waktu pengurus Masjid menjaga waktu shalat dan kebersihan Masjid, waktunya akan dibagi untuk mengurusi kebun.

Menurut Bupati, masjid Masjid di kampung-kampung dan Pondok Pesantren di Madina perlu diperhatikan.  Sebab, sekolah yang berbasis keagamaan dan Pondok Pesantren merupakan tempat  pembinaan anak-anak agar terjaga moralnya  taat kepada agamanya.

“Saya cukup mengapresiasi keberadaan Pondok Pesantren dan sekolah yang berbasis keagamaan di Madina. Sebab, selain merupakan benteng moral,  5 tahun terakhir Pondok Pesantren dan sekolah yang berbasis keagamaan telah mengharumkan nama baik Madina dalam kancah Provinsi dan Nasional, ujar Bupati.

Reporter : Lokot Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...