Bupati Sampaikan Arahan Dalam Rangka Supervisi Desa Binaan dan Desa Kategori Lomba

tabloid-desa.com

Panyabungan.StArtNews-Bupati Mandailing Natal (Madina) Drs. H. Dahlan Hasan Nasution didaulat untuk menyampaikan arahan dan bimbingan dalam rangka supervisi desa binaan dan desa kategori lomba provinsi Sumatera Utara (Provsu) tahun 2017 di hotel Rindang Dalan Lidang Panyabungan Jumat (31/3), namun sayang waktu itu Bupati terlambat hadir di lokasi acara sehingga kata arahan dan bimbingan tersebut digantikan penyampaiannya oleh Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Mhd. Syafei Lubis, M.Si.

Bupati menyampaikan arahannya yang dibacakan Plt Sekda Drs. Mhd. Syafei Lubis, M.Si mengatakan bahwa keluarga adalah satu unit terkecil dalam masyarakat tapi mempunyai arti yang penting pada pembangunan, artinya keluarga merupakan potensi terbesar sebagai subjek dan objek tatkala melaksanakan pembangunan, tentunya pemerintah melaksanakan berbagai upaya untuk mewujudkan kesejahteraannya baik saat berbentuk program maupun kegiatan yang menyentuh kebutuhan dasarnya. 10 program PKK adalah kekuatan strategis, apabila dilaksanakan di kehidupan sehari-hari Insya Allah PKK akan menjadi pilar dalam pembangunan masyarakat yang akan mewujudkan keluarga sejahtera. Harapan kita bagaimana membudayakan dan melaksanakan PKK sesuai eksistensinya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Visi Misi PKK sejalan dengan Visi Misi Kab Madina yaitu Madina berdaulat pangan, mandiri ekonomi, sehat, cerdas didukung sarana prasarana, infrastruktur kuat, masyarakat religius serta berbudaya dan berkelanjutan. Nah dalam melaksanakan gerakan PKK di Madina didukung penuh oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dalam berbagai bentuk kebijakan serta melibatkan seluruh komponen masyarakat, dalam arti berpartisipasi langsung baik melalui buah pikiran, tenaga, dana maupun sumbangan peralatan lainnya. Hal ini sejalan dengan program menteri desa pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi untuk menciptakan desa yang maju serta mandiri.

Dalam peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 1 tahun 2013 bahwa pendanaan gerakan PKK  di semua tingkatan dengan mengalokasikan dana melalui APBN, APBD, APBD Desa setiap tahunnya agar kegiatan kegiatan PKK dapat berjalan dengan baik. Kami telah menetapkan desa binaan Kab. Madina untuk diperlombakan tingkat Provsu,kehadiran Ibu tim supervisi desa binaan Provsu ke Kab. Madina yakni Ibu Netty Amansyah, Ibu Nina Purwadi dan Ibu Erna Khairul Anwar dalam rangka kegiatan tersebut, kiranya Ibu dapat memberikan masukan kepada kita semua ke arah perbaikan. Kesempatan ini juga saya sampaikan kepada SKPD sebagai anggota pembina tim penggerak PKK dan Camat agar bersama tim penggerak PKK melaksanakan pembinaan dan pembenahan semua aspek pemerintahan ditingkat desa, juga kepada tim penggerak PKK semua tingkatan agar turun ke desa untuk melaksanakan pembinaan kepada masyarakat dan kader PKK sesuai dengan program kegiatan yang ada. Tentunya tidak sebatas seremonial saja, harus bekerja serta jeli melihat potensi ke aripan lokal untuk dikembangkan dalam berbagai kegiatan keluarga dan masyarakat. Terahir harapan kita dengan adanya desa binaan adalah perubahan baik dari aspek penghayatan keagamaan, perilaku budaya, pendidikan, ekonomi, kesehatan serta penataan lingkungan lebih baik jika dibandingkan sebelum ada pembinaan.

Reporter : R Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...