Bupati Terima Penghargaan dari Menkumham, Pargarutan Tonga Desa Sadar Hukum

START NEWS – Bupati Tapsel Syahrul Pasaribu menerima penghargaan Anubhawa Sasana desa dari Presiden Joko Widodo yang diwakili Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly. Penganugerahan penghargaan tersebut merupakan penghormatan tertinggi bagi seorang kepala daerah yang sukses menerapkan program desa sadar hukum. Adalah desa Pargarutan Tonga, Kecamatan Angkola Timur yang merupakan desa sadar hukum di Tapsel, sehingga Bupati Tapsel menerima penghargaan tersebut.

Bupati Terima Penghargaan dari Menkumham, Pargarutan Tonga Desa Sadar Hukum

Penghargaan yang  hanya diterima 10 dari 33 kepala daerah se-Sumatera Utara, dan diserahkan Menkumham di aula Martabe kantor Gubernur Sumut di Medan.

Penyerahan penghargaan tersebut disaksikan Ketua Badan Pembinaan Hukum Nasional Enny Nurbaningsih, Plt Gubsu Tengku Erry Nurady bersama Kapolda Sumut, Kajati Medan dan Muspida lainnya serta Bupati dan Walikota.

Selain H Syahrul M Pasaribu SH, Camat Angkola Timur Darwin Dalimunthe dan Kepala Desa Pargarutan Tonga juga menerima penghargaan  sebagai pembina dan pemimpin desa sadar hukum di Tapsel. Penilaiannya telah dilakukan secara langsung oleh tim dari Kementerian Hukum dan HAM, yang terjun ke lapangan dengan diam-diam tanpa melibatkan pemerintah daerah atau provinsi.

Diterimanya penghargaan tersebut memiliki sejumlah parameter yang menjadi dasar penilaian di lapangan, antara lain masyarakat desa bersih dari narkoba. Selain itu ada juga parameter lain seperti selama tiga tahun berturut-turut mampu mencapai minimal 90 persen dari target Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) serta pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang menunjukkan grafik yang netral dan naik. Di samping itu seluruh warga desa juga memiliki kesadaran yang tinggi akan hukum dan kewajiban bernegara.

Dikatakan Syahrul, dengan penghargaan tersebut, diharapkan mampu memotivasi masyarakat desa dan kelurahan lainnya yang ada di Tapsel. Agar semakin sadar akan kewajiban bernegara dan taat terhadap peraturan hukum yang berlaku. Dan ditargetkan, tahun ini akan diciptakan 14 desa atau kelurahaan sadar hukum baru di Tapsel atau minimal satu per kecamatan.

Usai penerimaan penghargaan sebagai satu almamater, Yasonna H Laoly berpesan kepada Syahrul Pasaribu, Asisten I Pemprovsu Hasiolan Silaen dan Kabiro Hukum Pemprovsu Sulaiman Harahap, agar mendukung program Kementrian Hukum dan HAM dan benar-benar taat hukum dalam menjalankan tugas-tugas pemerintahan.

SUMBER : METRO TABAGSEL

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...