Cabai Rawit Tembus Rp40 Ribu per Kg

rawitSTART NEWSPADANG LAWAS – Harga cabai rawit di Kabupaten Padang Lawas mulai meroket. Di Pasar Sibuhuan, Rabu (25/11), harga cabai rawit sudah tembus Rp40 ribu. Sementara harga cabai merah mengalami penurunan dari Rp32 ribu menjadi Rp28 ribu per kg.

Beberapa pedagang di Pasar Sibuhuan mengatakan belum mengetahui pasti penyebab kenaikan harga cabai rawit. “Penyebabnya kurang tahu. Memang, harga beli dari penyuplai sudah tinggi kita ambil,” kata Fitri, salah satu pedagang di Pasar Sibuhuan, kemarin.

Hanya saja, para pedagang mengaku bahwa cabai merah sudah mulai turun dari sebelumnya, dan sekarang berada di kisaran Rp28 per kg.

“Untuk jenis cabai merah, harganya turun. Senin lalu sempat Rp32 ribu per kg. Sekarang Rp28 ribu,” kata Fitri. Rata-rata, cabai yang dijual di daerah Padang Lawas, berasal dari Tapanuli Utara. Sebagian lagi, dari Mandailing Natal. “Godang mattong argana. Hita pe manabusi godang do. (Mahallah harganya. Kita juga beli mahal),” ujar Fitri.

Meski harga cukup tinggi, namun stok masih aman. Pedagang sendiri mengakui itu. Terlihat juga di lapak pedagang, masih tinggi tumpukan cabai, baik cabai merah maupun cabai rawit.  Kenaikan harga cabai ini sudah berlangsung beberapa minggu terakhir. Sebelumnya, harga cabai pernah sempat anjlok di angka Rp 18 ribu per kilogram.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...