Calhaj Palas Kloter Pertama dari Sumut

START FM – Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Padang Lawas menjadi rombongan yang pertama berangkat ke Arab Saudi dari Sumatera Utara (Sumut) atau kloter pertama.

Rencananya, kloter pertama asal Palas ini akan bertolak tanggal 9 Agustus mendatang dari Bandara Kuala Namu Medan.

Total Jamaah Calon Haji (JCH) tahun ini sebanyak 441 orang ditambah 2 orang petugas. Namun, tidak semua tergabung di kloter pertama, melainkan sebagian di kloter 13 yang akan berangkat 23 Agustus mendatang. Ada sebanyak 388 orang, termasuk dua petugas yang tergabung di kloter 1. Sisanya, 55 orang tergabung di kloter 13 yang bergabung dengan jamaah asal Mandailing Natal (Madina).

Calhaj Palas Kloter Pertama dari Sumut

Dari Palas sendiri, akan dilakukan pemberangkatan dua gelombang. Gelombang pertama untuk kloter pertama diberangkatkan tanggal 7 Agustus, bertolak dari daerah menuju Asrama Haji Medan. Menyusul, gelombang kedua sebanyak 55 orang yang tergabung di kloter 13 diberangkatkan dari Palas menuju Medan tanggal 23 Agustus mendatang.

Sementara itu, kemarin, seluruh JCH menjalani manasik akbar di Sibuhuan dilanjutkan dengan tepung tawar oleh Bupati Palas H Ali Sutan Harahap (TSO) didampingi Sekda Syamsul Anwar Lubis, Kamis ( 28/7) kemarin di pendopo rumah dinas Bupati, Jalan Kihajar Dewantara Sibuhuan .

Tampak hadir diacara tepung tawar atau upah- upah tersebut, Kakamenag Kabupaten Palas Amran Hasibuan, Pimpinan SKPD,Para Camat dan Perwakilan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD).

Bupati dalam sambutannya mengatakan, pemerintah akan melepas keberangkatan nanti untuk dua kloter. “Kloter pertama yang akan berangkat sebanyak 388 orang, dan menyusul calhaj kloter 13 sebanyak 55 orang bergaung dengan calhaj Kabupaten Mandailing Natal (Madina),” katanya

Dikatakan, menunaikan ibadah haji merupakan perjalanan panjang dan jauh, serta beribadah yang memerlukan fisik yang prima maka pada kesempatan memberikan upah-upah dan tepung tawar supaya senantiasa dalam keadaan sehat walafiat dan untuk memberi ketenangan hati. “ Semoga allah SWT membekali dengan ketakwaan serta mengampuni dosa-dosa, seraya memberikan kemudahaan bagi jamaah haji asal Kabupaten Palas,” kata TSO.

Selain itu,TSO juga berpesan, kepada seluruh jamaah calon haji yang akan menunaikan rukun islam kelimanya tahun ini untuk meluruskan niat dan melaksanakan seluruh rangkaian ibadah baik wajib maupun sunah. “Tak lupa saya berpesan memohon doa untuk Kabupaten Palas menjadi daerah yang baldatun toyyibatun wa robbun ghofur,” ucapnya

Sumber : Metro Tabagsel

Admin : MJS

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...