Camat Sinunukan Bantah Terlibat Oder Mengorder Bahan Bangunan untuk Dana Desa

Panyabungan.StArtNews- Sejumalah masyarakat Desa Bintungan Bejangkar Baru, Kecamatan Sinunukan, Kabupaten Mandailing Natal mengeluh dengan tingkah laku Camat Sinunukan Ridho Lubis yang mereka duga terlibat langsung mengorder bahan-bahan bangunan untuk pembangunan MDA, Jembatan dan Jalan di desa mereka. Hal itu dipaparkan Hendra pada StArtNews melalui Telepon seluler.

Hendra mengatakan bahwa masyarakat melihat Camat terlibat langsung mengurusi bahan-bahan bangunan yang dibutuhkan untuk pembangunan MDA, Jembatan dan Jalan yang bersumber dari Dana Desa. Sehingga masyarakat merasa curiga dengan apa yang dilakukan oleh camat ditambah lagi keterbukaan informasi Dana desa di desa tersebut tidak ada.

Hendea Berharap agar transparansi dana desa di Desa Bintungan Bejangkar Baru jangan di tutup-tutupi pihak Kepala Desa karena masyarakat berhak tau kemana alokasi anggaran desa tersebut.

Menyikapi masalah ini, Camat Sinunukan Ridho Kubis pada StArtNews di sela-sela pelantikan 4 Kepala Desa bertempat di Kantor Bupati Mandaiking Natal membantah hal tersebut.

Ridho Lubis mengaku dia hanya menjalankan tupoksinya selaku Camat dan tidak terlibat order mengorder bahan bangunan dana desa.

Dijelaskan Ridho Lubis bahwa keterlibatannya di dalam hal dana desa jelas melakukan kontrol kepada pihak Desa di seluruh Kecamatan Sinunukan. Mengarahkan bagaimana pihak Desa untuk mengorder bahan-bahan bangunan seperti pasir pada perusahaan yang legal karena jelas disitu ada sumber pajak yang harus dikeluarkan dan menjadi Pendapatan Asli Daerah.

Tugas itu kata Camat sesuai SPT yang dikeluarkannya pada Stafnya di Kecamatan Sinunukan untuk melakukan kontrol langsung pada pelaksanaan pembangunan yang bersumber dari Dana Desa.

Mungkin kata Camat warga menduga karena intensitasnya selaku Camat selalu aktif melakukan kontrol pada setiap pembangunan di desa yang bersumber dari dana desa ditambah masyarakat tidak tahu tupoksinya selaku camat dalam hal dana desa ini.

Dia berharap masyarakat tidak menduga-duga sebelum tahu kejelasannya dan berharap pada seluruh desa yang ada di Kecamatan Sinunukan untuk transparan terhadap masyarakat dalam penggunaan dana desa sehingga masyarakat desa tidak selalu menanamkan kecurigaan pada Kepala Desa dan perangkatnya dan juga pada Camat.

Reporter : Hanapi Lubis
Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...