Dana Desa Silgon : Pembukaan Jalan Usaha Tani Tembus Ke Sumatera Barat

Pakantan.StArt News-Peruntukan Dana Desa Silogun Kecamatan Pakantan Kab. Mandailing Natal di tahun 2016  ini salah satunya pembukaan Jalan usaha tani di daerah itu. Pembukaan jalan yang panjangnya sekitar 1700 meter ini mencapai perbatasan Sumatera Barat, yaitu desa Jorang Sumpadang Baru Kec. Rao Pasaman.

Kepala Desa Silogun, Abdul Rasad yang di hubungi, Kamis (22/12) membenarkan hal ini. ” Salah satu peruntukan dana desa Silogun tahun ini adalah pembukaan jalan ke usaha tani sepanjang 1700 meter. Kegiatan ini alhamdulillah sudah mulai rampung dan sudah mencapai perbatasan Sumatera Barat, yaitu desa Jorang Sumpadang Baru,” ujarnya.

Dikatakannya, dengan tembusnya ke Sumatera Barat otomatis sangat meringankan warga  untuk keluar masuk desa dan membawa hasil alam.
Selama ini, kalau di ikuti Jalan Pakantan – Silogun mencapai 11 Km dengan kondisi sekitar 2 Km yang baru di rabat beton. Sedangkan kalau dari arah Jalan Lintas Negara Muara Sipongi ke Limau Manis  terus Silogun mencapai 7 Km,  jadi rutenya cukup panjang.

Dengan di bukanya jalan ini,  kalau warga yang ingin  melalui Jorang Sumpadang Baru ke Jalinsum hanya sekitar 5 Km.

Diakuinya, selama ini desa Silogun termasuk salah satu desa tertinggal di wilayah ini karena buruknya infrastruktur jalan. Mudah mudahan kalau jalan ini di aspal maka warga akan lebih dekat ke Jalinsum melalui Sumatera Barat.

Camat Pakantan, Ismed, SH mengatakan, dengan dibukanya jalan ini maka warga Silogun dapat kemudahan untuk keluar masuk desa melalui Sumatera Barat.

Keuntungan lain, areal perkebunan warga yang selama ini berada di tengah hutan dengan sendirinya akan berada di pinggir jalan yang di buka serta akses ke kebun warga semakin mudah.

Salain itu, kalau jalan ini nanti fungsikan maka warga akan semakin mudah membawa hasil alam ke pinggir Jalinsum dari pada melalui Pakantan yang jaraknya sekitar 11 Km.

Kemudian, akses jalan ini juga lebih bermamfaat dan lebih pendek jarak tempuhnya dari pada jalan desa Limau Manis – Silogun. Jadi dalam hal ini, masyarakat berterimakasih kepada Pemerintah yang telah mengalokasikan dana desa ini.

Selain itu, antara warga desa Jorang Sumpadang Baru dengan warga desa Silogun telah ada ikatan bathin, sebab rata- rata warga yang tinggal di desa Jorang Sumpadang Baru berasal dari desa Siligun.

Jadi, ini merupakan kemudahan yang diberikan dana desa dan kita berharap di tahun depan, jalan ini bisa di tingkatkan pembangunannya,” ucap Ismed.

Reporter   : Lokot Husda

Editor        : Hendra Aditya

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...