Danramil 13 Panyabungan Panen Raya Petani Binaan

Panyabungan, StArtNews- Koramil 13 Panyabungan melaksanakan panen raya di Desa Pidoli Lombang, Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal pada Senin pagi 12/02. Luas hamparan sawah yang dipanen bersama Muspika tersebut sekitar 2 hektar dengan jenis padi Ciherang.

Danramil Panyabungan Kapten. Inf. AK. Harahap pada StArtNews mengatakan, panen raya  ini adalah hasil Kerjasama TNI dan Kementan dalam mencapai Swasembada Pangan yang lebih baik. Kemudian keterlibatan TNI juga Memberikan Motivasi kepada petani agar lebih Maksimal dalam pengembangan Swasembada Pangan khususnya Wilayah Koramil 13 Panyabungan sehingga dapat menghasilkan Produksi Panen Padi yang Lebih baik kedepannya. Tidak hanya jenis padi saja yang menjadi binaan TNI, namun tanaman Holtikultura juga dilakukan pembinaan sehingga hasil yang diperoleh dapat maksimal.

Selain itu kata Danramil Panyabungan, pihaknya juga ikut serta melakukan pemantauan langsung kondisi gabah petani dan pemasarannya. Sejauh ini kata Kapten. Inf. AK. Harahap tidak ada penimbunan gabah seperti yang terjadi di daerah lain di Indonesia sehingga berdampak pada harga beras.

Sementara itu, secara terpisah  Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mandailing Natal Ir.Taufik Zulhendra mengatakan bahwa, kerjasama Dinas Pertanian Sendiri dengan TNI sejauh ini berjalan lancar, bahkan banyak terobosan terobosan baru yang diciptakan anggota TNI dalam meningkatkan produktifitas petani di Mandailing Natal.

Dari hasil survei Dinas Pertanian sendiri, terbukti daerah daerah binaan TNI sangat menghasilkan hasil panen yang memuaskan karena TNI yerlibat langsung melakukan pembinaan pada masyarakat petani.

Di Kelurahan Pidoli sendiri kata Taufik, dari 23 Hektar hamparan sawah di Kelurahan tersebut, para petani dari kelompok Sigala-gala 1 salah satu contoh sudah melakukan panen dan hasilnya sangat memuaskan. Diharapkan dengan adanya panen di wilayah ini dapat mencukupi kebutuhan beras untuk wilayah Keluarahan.

Dikatakannya Panen yang dilakukan para petani sudah melalui uji coba Statistik dari bibit bersubsidi yang diberikan Dinas Pertanian Madina jenis Siganteng yang hasilnya mencapai  kurang lebih 7-8 ton per hektar.

Dan untuk meningkatkan prioritas petani pihaknya akan terus menerus menyarankan para petani harus tetap memakai benih unggul yang diprogram salah satu Dinas Pertanian supaya indeks pertanaman penen padi  yang  sebelumnya 2 sampai 2,5 sehingga bisa 3 kali panen padi dalam satu tahun agar  kebutuhan beras di Madina tercukupi.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...