Daripada Mengeluh, Sebaiknya Lakukan Hal Ini Agar Hidupmu Lebih Bahagia

Kamu mungkin akan merasa tak nyaman melihat sesuatu yang tak kamu inginkan, melihat sampah berserakan dimana-mana, tak suka dengan orang yang kurang disiplin, kebisingan, jalanan macet, target tak tercapai. Hal remeh ini membuatmu mengeluhkan keadaan dan orang-orang di sekitar.

 Daripada mengeluh, sebaiknya kamu lakukan 8 tips berikut ini agar hidupmu lebih berarti dan bahagia. Apa saja?

1. Kerjakan apa yang telah menjadi tanggung jawabmu

Sebaiknya kamu mengerjakan dan menyelesaikan apa yang sudah menjadi tanggung jawabmu. Karena dengan begitu kamu akan terlatih mandiri dan lebih produktif dan tak ada waktumu untuk mengeluhkan keadaan.

2. Hindarilah berteman dengan orang-orang yang suka mengeluh

Lingkungan di mana kamu berada juga akan memengaruhimu sehingga kamu perlu memilih teman yang tepat dalam bergaul. Ketika berteman dengan orang-orang yang positif tentunya dapat mendorong hal-hal positif juga bagi dirimu. Sebisa mungkin hindarilah teman-teman yang punya sifat suka mengeluh.

3. Cobalah untuk melihat begitu banyak hal yang bisa kamu syukuri

Dengan berpikir terbuka, kamu akan lebih banyak melihat hal-hal yang bisa kamu syukuri. Selain itu, kamu juga lebih mudah merasakan bahagia meski hanya pada hal-hal kecil. Bukankah nikmat Tuhan begitu luas? Lalu nikmat mana lagi yang harus kamu dustakan?

4. Jika tak sesuai, tidak penting untuk menanggapi apa kata orang lain

Ikutilah kata hatimu, maka kamu akan lebih mudah menjalani hari-harimu dengan penuh semangat. Stop mengikuti kata orang. Jika baik boleh kamu ambil, jika tidak tinggalkan saja. Sebab, kamu hanya akan terbebani dan membuatmu mengeluhkan yang seharusnya tak kamu lakukan.

5. Pergilah berlibur untuk menenangkan diri dari pikiran yang tak baik

Berlibur juga penting buatmu untuk melepaskan segala keluh kesah dan beban yang dialami dalam rutinitas harian. Berlibur membuatmu merasa fresh untuk memulai hari dan semangat yang baru. Kunjungi tempat-tempat yang kamu suka dan tempat dimana kamu biasanya berlibur.

6. Tetaplah lakukan yang terbaik apapun kondisimu

Tidak semua rencana sesuai dengan hasil yang kamu inginkan. Untuk itu, tetap lakukan yang terbaik dalam segala situasi dan kondisi karena kamu tidak akan pernah tahu kapan mimpimu menjadi kenyataan. Jangan mengeluh tetapi berbenahlah untuk menjadi lebih baik.

7. Hargai setiap waktu yang kamu lalui dengan sebaik-baiknya

Semua orang memiliki waktu dan kesempatan yang sama. Namun, tidak semuanya dapat melakukan yang terbaik di setiap waktu yang mereka lewati. Daripada mengeluhkan keadaanmu, alangkah baiknya jika setiap waktu diisi dengan hal-hal positif.

8. Daripada mengeluh, lebih baik cari dan temukan solusinya

Daripada mengeluh, mendingan kamu mencari dan temukan solusinya agar kejadian buruk tak terjadi lagi di masa berikutnya. Selain itu jadikan pengalaman buruk sebagai hikmah positif dan pelajaran yang sangat berharga. “Ketika Anda mengeluh, Anda benar-benar menarik masalah ke dalam hidup Anda”, T. Harv Eker.

Untuk itu, berhentilah mengeluh. Hidupkan hari-harimu dengan semangat untuk terus berkarya. Semangat!*idntimes

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...