Digelar 17 Desember, Pilkades Serentak Mundur Seminggu

imagesSTART NEWS – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang digelar serentak di Palas diundur. Pengunduran dilakukan selama seminggu, karena jadwal awal terlalu berdekatan dengan pelaksanaan Pilkada Tapsel, Rabu (9/12).Jadwal awal direncanakan, Pilkades yang akan serentak dilakukan di 64 desa itu tertanggal 10 Desember.

”Pengunduran itu arahan dari Kapolres Tapsel. Karena mereka masih fokus pada Pilkada di Tapsel,” kata Sainal Abidin, Kabid Pemdes di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa, Kabupaten Padang Lawas (Palas), kemarin (6/12). ”Pilkades di Palas juga menjadi perhatian Polres Tapsel. Karena, potensi kerawanan ada dan kisruh bukan tidak mungkin terjadi,” tambahnya.

Tiga Desa Tak Jadi Ikut
Sebelumnya, Pilkades dijadwalkan diikuti 67 desa. Namun tiga desa batal akibat tidak ada calon, dan pada akhirnya yang ikut Pilkades hanya 64 desa. Ketiga desa itu yakni Pir Trans Sosa 1 di Kecamatan Hutaraja Tinggi, Desa  Pagaran Tayas di Kecamatan Batang Lubu Sutam dan Desa Simaninggir di Kecamatan Barumun.

Bertolak belakang memang dengan desa lain, yang banyak peminat atau calon kepala desanya. Di Desa Hapung Kecamatan Sosa misalnya, terpaksa dua orang harus dikeluarkan saat penetapan calon.

Sebab, sesuai aturan, calon kepala desa maksimal hanya boleh lima orang. Namun, kenyatannya, di Desa Hapung, panitia pendaftaran menerima pendaftar sebanyak tujuh orang. Melihat kondisi itu, dua orang terpaksa ditolak. Untuk penetapan calon sendiri, merupakan kewenangan tim kabupaten. Sebelumnya, seluruh calon kepala desa sudah diuji visi misinya. Lewat pengujian visi misi itu, akan tersaring calon yang akan bertarung.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...