Dinas Pertanian Madina Berikan Penyuluhan dan Obat Gratis Kepada Petani di Manambin

Dinas Pertanian yang diwakili PHP menyerahkan obat obatan gratis kepada Kelompok Tani di desa Manambin.

Kotanopan.StArtNews Terkait makin meluasnya penyebaran penyakit padi sawah di desa Manambin Kec. Kotanopan Kab.  Mandailing Natal,  Dinas Pertanian Madina yang di wakili Penanggung Jawab Hama dan Penyakit (PHL)  untuk daerah Kotanopan Alpi Sahri di dampingi PPL Arya Beny Daulay,  Rabu Sore (26/7) untuk kedua kalinya langsung turun ke lapangan dengan mengumpulkan Ketua Kelompok Tani dan anggotanya.

Pada kesempatan itu,  pihak PHP dan PPL memberikan penyuluhan kepada petani tentang jenis penyakit padi yang sedang berjangkit,  cara pengobatan dan sekaligus menyerahkan obat-obatan gratis melalui perwakilan kelompok tani Aek Sibu Jaya.

Penanggung Jawab PHP untuk daerah Kotanopan Alpi Sahri mengatakan,  kepada pengurus dan anggota kelompok tani kita berikan semacam  sosialisasi penyebab munculnya penyakit padi dan cara pengobatannya. Kita juga menyerahkan obat-obatan untuk di semprotkan kepada padi  yang rusak dengan cakupan 15 hektar.

Dikatakannya,  penyakit padi yang terjangkit ini namanya Blas yang berasal dari jamur. Penyebabnya sangat banyak, mulai dari bibit yang kurang bagus, cara pemupukan yang tidak berimbang dan cara pengobatan yan  tidak tepat.

Sedangkan salah seorang PPL, Arya Beny Daulay menyampaikan,  pengendalian penyakit blas pada padi sedang dilakukan dengan fungisida.  Kita juga berharap kepada petani di musim tanan yang akan datang disarankan melakukan stritmen atau perlakuan dengan pemberian  fungisida.

Dikatakannya,  dari amatan pihaknya padi sawah yang sudah terserang jenis penyakit ini di desa Manambin sekitar 4-5 Ha dengan  kondisi bertumpuk tumpuk.  Kita berharap dengan pemberian obat ini,  penyebaran penyakit ini bisa berkurang.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...