Dinas Pertanian Madina Tinjau hasil Panen Petani

Panyabungan.StArtNews- Dinas pertanian Kabupaten Mandailing Natal Sumatra Utara Tinjau lokasi Hasil panen srentak petani di Desa Kampung Baru Kecamatan Panyabungan Utara Pada Jum’at kemarin (19 /01/18) sekira pukul 16:00WIB.

Peninjauan ini dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga beras secara nasional khususnya di Madina. Didampingi Staf dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL), Unit Pelaksana Teknis Dinas Pertanian (UPTD), Serta dari Balai Penyuluh Pertanian Perikanan Kelauatan (BP3K), dan dari Babinsa Panyabungan Utara Serma Enri Nasution.

Boru Hutabarat pekerja petani mengatakan semenjak pemerintah dari Dinas pertanian Madina  menyalurkan bantuan Bibit Bersubsidi jenis Parassirtubagendit akhirnya mereka bisa tanam panen padi serentak.

Dan dari hasil panen padi gabah sekarang diperoleh tiap per kilogram mencapai harga Rp.5200 yang sebelumnya hanya Rp.4500 per kilogram.

Lebih lanjut disampaikan Boru Hutabarat sebelum mendapat bibit Bantuan Bersubsidi mereka hanya mencapai penghasilan sekitar 4 Ton per satu hektar luas sawah tapi sekarang mereka sangat bersyukur sekarang sudah mencapai berkisaran 6 ton gabah.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Madina melalui Kepala seksi bidang pertanian Khairul Bahri mengatakan dengan keseluruhan luas sawah di Madina 22.053 Hektar, Dan untuk stok beras di Madina masih mencukupi meskipun pengepul beras impor ke Daerah lain.

Harapnya kepada para petani untuk harus tetap menjaga lumbung beras di Mandina supaya meningkat untuk  kedepannya.

Reporter : Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...