Donald Trump dan Hillary Clinton Sama-sama Kalah di Utah

MUSIK & INFORMASI SIANG – Pemilihan awal kembali digelar di dua negara bagian Amerika Serikat (AS). Kandidat terdepan Partai Republik Donald Trump dan rivalnya Ted Cruz sama-sama memenangkan satu negara bagian, sedangkan kandidat Partai Demokrat Bernie Sanders menang atas Hillary Clinton.

5

Seperti dilansir Reuters, Rabu (23/3/2016), pemilihan awal untuk Partai Republik digelar di negara bagian Arizona dan Utah pada Selasa (22/3) malam waktu setempat. Sedangkan untuk Partai Demokrat, pemilihan awal digelar di tiga negara bagian, yakni dua negara bagian sebelumnya ditambah Idaho.

Pemilihan awal AS pekan ini dibayangi isu ledakan yang mengguncang Brussels, Belgia yang sejauh ini menewaskan 35 orang. Ledakan mematikan itu memicu kekhawatiran soal keamanan di kalangan pemilih AS.

Trump menang besar di Arizona, setelah menyampaikan pesan keras anti-imigran dan menjanjikan akan mengalahkan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS). Penghitungan CNN menunjukkan Trump memperoleh 47,1 persen suara mengungguli rivalnya Senator Texas Ted Cruz dengan 24,7 persen. Aturan di Arizona menyebut winner-takes-all sehingga sebanyak 58 delegate di negara bagian itu jatuh ke tangan Trump seluruhnya.

Delegate dibutuhkan untuk memenangkan pencapresan masing-masing partai. Setidaknya dibutuhkan 1.237 delegate (dari total 2.472 delegate) untuk memenangi pencapresan Partai Republik dan 2.838 delegate (dari total 2.765 delegate) untuk Partai Demokrat.

Trump memiliki pendukung kuat di Arziona, yakni Sheriff Marricopa County, Joe Arpaio yang mendukung pemberantasan imigran ilegal di AS. “Kemenangan lebih besar dari yang diperkirakan di Arizona. Terima kasih, saya tidak akan lupa,” kicau Trump via Twitter.

Rival berat Trump, Senator Cruz menang besar di Utah, dengan perolehan 69,2 persen melawan kandidat Republik lainnya John Kasich di posisi kedua dengan 16,9 persen dan Trump di posisi ketiga dengan 14 persen, menurut penghitungan CNN. Cruz meraup seluruh delegate di Utah yang berjumlah 40 delegate, karena perolehannya di atas 50 persen. Kemenangan Cruz di Utah ini memperkuat harapan kalangan Republik yang anti-Trump.

Untuk Partai Demokrat, Hillary Clinton harus mengalah dari pesaingnya Bernie Sanders yang memenangi dua negara bagian, dari total tiga negara bagian. Hillary menang di Arizona sedangkan Sanders menang di Utah dan Idaho. Sanders menyebut kemenangannya ini karena dukungan kalangan muda dan kelas pekerja AS.

“Kemenangan pasti di Idaho dan Utah ini memberikan saya kepercayaan diri, bahwa kita masih akan meraup kemenangan besar di pemilihan mendatang,” ucap Sanders.

Dengan hasil tersebut, Trump dan Hillary masih memimpin perolehan delegate masing-masing partai. Untuk sementara, Trump meraup 741 delegate mengungguli dua kandidat Republik lainnya. Sedangkan Hillary meraup 1.711 delegate mengungguli Sanders dengan 939 delegate.

Sumber : DetikNews.Com

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...