Dua Kelurahan di Panyabungan Kebanjiran


Panyabungan, StArtNews- Puluhan rumah penduduk di dua Kelurahan di Kecamatan Panyabungan, Kabupaten Mandailing Natal mengalami kebanjiran, banjir tersebut diakibatkan meluapnya Sungai Aek Mata yang membelah dua Kelurahan Kayu Jati dan Kelurahan Panyabungan III.

Meluapnya sungai sendiri akibat sungai tidak lagi mampu menampung debit air hujan yang mengguyur wilayah Mandailing Natal pada Senin sore. Kondisi ini diperparah mendangkalnya Sungai Aek Mata karena tidak adanya pengerukan dasar sungai, sehingga air sungai dengan mudah meluap ke pemukiman penduduk.

Selain rumah warga yang kebanjiran, dari laporan Tim Penanggulangan Bencana Daerah Mandailing Natal M. Yasir Nasution melaporkan selain puluhan rumah penduduk terendam banjir, ada sekjitar 6 rumah penduduk yang berada di bantaran sungai nyaris roboh akibat gerusan sungai.

Kondisi terparah dialami ibu Nur Hayani warga Kelurahan Kayu Jati, dinding rumahnya mengalami retak dan bahkan lantai rumah Amblas tergerus air sungai karena memang, posisi rumah miliknya tepat berada di pinggir Sungai Aek Mata.

Yasir Nasution dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Mengatakan kondisi terparah banjir dialami warga Kelurahan Kayu Jati tepatnya di Gang Abadi, kondisi air bahkan mencapai 60 cm.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah, sejauh ini sebagian korban banjir terpaksa mengungsi ke rumah sanak family, sebagian lagi sudah mulai membersihkan sisa-sisa banjir yang merendam rumah.

Banjir di wilayah ini memang kerap jadi langganan warga ketika hujan deras mengguyur, lagi-lagi penyebabnya adalah luapan Sungai Aek Mata. Warga berharap Pemerintah Daerah segera melakukan pengerukan sungai agar air sungai tidak dengan mudah meluap ke pemukiman penduduk.

Reporter :  Hasmar Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...