Es di Antartika Barat Mencair, Permukaan Air Laut Dunia Naik 1,2 Meter

benua-antartika-_150324122001-259Para ilmuwan mengatakan, pencairan es di Antartika Barat merupakan perhatian utama terkait permukaan laut secara global. Penelitian ini merupakan lanjutan penelitian tahun lalu yang dipimpin oleh ahli gletser dari NASA, Eric Rignot.

Dilansir dari AFP, Selasa (3/11/2015), es di Antartika telah mencair dan pencairan tersebut tidak bisa terbendung lagi. Sehingga menaikkan permukaan laut sebanyak 1,2 meter.

Kali ini, para peneliti dari Potsdam Institute Jerman juga melakukan penelitian tentang dampak iklim jangka panjang. Penelitian tersebut dilakukan di laut Amundsen di Antartika Barat yang menurut mereka memiliki kestabilan permukaan laut yang baik.

“Kami melakukan penelitian jangka pendek tentang evolusi masa depan di daerah ini. Kemudian kita mengambil langkah berikutnya dan mensimulasikan tiap lembar es di seluruh Antartika Barat,” kata para peneliti dalam buku the National Academy of Sciences.

Mereka juga menggunakan peraga komputer untuk memproyeksikan efek 60 tahun kedepan pasca pencairan yang terjadi saat ini. Menurut mereka, ini akan menjadi pemicu agar lembaran es di Antariksa Barat bisa bertahan.

“Seluruh lapisan es akan mencair. Dan itu akan menyebabkan permukaan air laut dunia naik sebanyak tiga meter,” tulis para peneliti.

“Jika kestabilan tidak terjaga, maka peningkatan permukaan air laut sebanyak tiga meter selama beberapa abad berikutnya tidak dapat dihindari,” kata Johannes Feldmann, pimpinan peneliti.

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...