Fokus Pengembangan Organisasi, GP ANSOR Madina Gelar Rakorcab

Panyabungan, StArtNews-  Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor (GP ANSOR) Kab. Mandailing Natal (Madina) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Cabang (Raorcab), Minggu (11/2) di Kantor GP Ansor Gedung Nahdlatul Ulama Jalan Medan-Padang, Desa Parbangunan.

Rakorcab ini dihadiri Pengurus GP Ansor Madina dan Pimpinan Anak CABANG (PAC) Pengurus Kecamatan Se-Kabupaten Madina.

Ketua GP Ansor Madina, Ahmad Rijal Lubis,S.Pd.I mengatakan, pelaksanaan Rakorcab ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) PW GP Ansor Sumatera Utara (Sumut) dengan PC GP Ansor Se-Sumut di Asrama Haji Medan beberapa Minggu yang lalu.

“Hasil-hasil keputusan Rakorwil tersebut, kita bawa ke Rakorcab untuk sama-sama dibahas dan dilaksanakan oleh masing-masing tingkatan Organisasi. Ada enam item yang menjadi fokus pembahasan dalam Rakercab ini yakni, Evaluasi PAC dan Pengembangan PAC, Pengembangan Koperasi Ansor, Pengembangan Majelis Dzikir dan Solawat Rijalul Ansor, Sosialiasi KTA Ansor, Pengembangan Banser dan Persiapan Pelaksanaan DTD, Persiapan Konferwil PW GP Ansor Sumut”, ujarnya.

Dijelaskan Rijal, terkait dengan Evaluasi dan Pengembangan PAC, Ansor secara administrasi tegas tidak akan memberikan dispensasi bagi PAC yang kurang aktif melaksanakan kegiatan. Kita akan berikan surat teguran dan jika tidak digubris akan langsung kita angkat carateker. Ini  untuk eksistensi organisasi ke depan. Kemudian untuk PAC yang masa priodenya akan segera habis kita dari Cabang sudah mengingatkan agar segera melaksanakan pemilihan kepengurusan di tingkat PAC paling lama 1 bulan sebelum masa aktif habis.

Hal ini dilakukan untuk tertib administrasi sesuai dengan amanah Peraturan Dasar dan Peraturan rumah Tangga Organisasi (PD/PRT). Ansor sebagai organisasi yang didirikan  Ulama juga di setiap tingkatan kepengurusan diwajibkan memiliki Majelis Dzikir dan Shalawat Rijalul Ansor yang programnya adalah melaksanakan kegiatan keagamaan sesuai dengan amaliyah NU.

Lebih lanjut dijelaskan mantan Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Madina ini bahwa secara nasional GP Ansor memiliki 4 Visi, yakni Revitalisasi Nilai dan Tradisi, Penguatan Sistem Kaderisasi, Pemberdayaan Potensi Kader, kemandirian Organisasi.  Ke 4 visi adalah menjadi acuan bagi Ansor dalam mengembangkan organisasi di setiap tingkatan.

Untuk mengimplementasikan visi tersebut setiap pengurus wajib melaksanakan pengkaderan secara berjenjang, wajib memiliki badan usaha dan wajib memiiki Majelis Dzikir.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...