Gempa 7,6 Skala Richter Guncang Amerika Tengah dan Berpotensi Tsunami

Gempa berkekuatan 7,6 skala richter (SR) dilaporkan mengguncang wilayah Amerika Tengah tepatnya di utara Honduras di Laut Karibia. Berdasarkan keterangan Badan Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa tersebut telah memicu adanya peringatan tsunami.

Sebagaimana dilansir dari Reuters, Rabu (10/1/2018), pada awalnya gempa tersebut dilaporkan memiliki kekuatan 7,8 SR sebelum akhirnya menurun. Pusat gempa diketahui berada sekira 202 kilometer (km) timur laut t Barra Patuca di Honduras dan sekira 307 km barat daya George Town di Kepulauan Cayman.

Gempa tersebut berpusat di kedalaman yang dangkal, yakni 10 km di bawah wilayah laut Honduras. Hal ini diperkirakan akan memperkuat efek gempa. Pusat Peringatan Tsunami Pasifik telah mengeluarkan peringatan resmi tentang potensi tsunami, Peringatan tersebut, khususnya berlaku di wilayah Puerto Riko dan Kepulauan Virgin.

Sebelumnya gempa berkekuatan 5,7 skala richter (SR) juga melanda wilayah California Utara pada Sabtu 23 September. Gempa dengan yang berlangsung selama dua kali dan berpusat di kedalaman sekira 4 km dan sekira 196 km sebelah barat desa bersejarah Ferndale itu tidak menimbulkan kerusakan maupun korban jiwa.

Sumber : Okezone.com

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...