Gunung Tua SM Diresmikan Menjadi Kampung KB

Kotanopan.StArtNewsDinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab.  Mandailing Natal meresmikan desa Desa Gunung Tua SM Kec. Kotanopan sebagai salah satu kampung KB di Mandailing Natal.

Peresmian itu langsung dihadiri Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Kab. Mandailing Natal. Dra. Risnawati Nasution, Selasa (28/11) di desa tersebut.

Hadir dalam peresmian tersebut Sekcam Kotanopan Pamilu Daulay, S.Sos, Kasi Ekbang Kantor Camat Kotanopan Amir Saleh, SE, Kasi Rantip, Elmi, UPT. Penyuluh KB Kotanopan dan Perwakilan Puskesmas Kotanopan.

Peresmian ini ditandai dengan pengguntingan pita oleh Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Madina, Dra. Rinawati Nasution.

Dalam kesempatan itu, Dra. Rinawati Nasution menyampaikan. Kampung KB merupakan salah satu  program pemerintah dalam mengatasi masalah kependudukan, terutama di wilayah-wilayah yang sulit di jangkau.

Dikatakannya, kampung KB, kedepannya akan menjadi ikon program kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Kehadiran Kampung KB bertujuan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung melalui program KKBPK serta pembangunan sektor lain dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

 

Prinsipnya, program KKBPK mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dengan melaksanakan delapan fungsi keluarga. Penerapan fungsi keluarga ini membantu keluarga lebih bahagia dan sejahtera, terbebas dari kemiskinan, kebodohan dan keterbelakangan.

“Manfaat Kampung KB selain bisa mengentaskan kemiskinan, juga mendekatkan pembangunan kepada masyarakat. Intinya program ini melibatkan semua sektor pembangunan. Dengan kata lain, Kampung KB tak hanya berbicara soal membatasi ledakan penduduk, tapi juga memberdayakan potensi masyarakat agar berperan nyata dalam pembangunan. Manfaat lain adalah membangun masyarakat berbasis keluarga, menyejahterakan masyarakat, serta memenuhi kebutuhan masyarakat. ” ungkap Rinawati.

Usai peresmian, dilaksanakan penyuluhan tentang KB dari Tim Dinas Pengendalian Penduduk dan KB.

Reporter: Lokot Husda Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...