Hadapi Verifikasi, Parpol di Mandailing Natal Ikuti Sosialisasi dan Bimtek

Panyabungan.StArtNews- Menghadapi Pemilihan Umum Legislatif pada tahun 2019 mendatang, Komisi Pemilihan Umum Mandailing Natal (KPU Madina) melaksanakan sosialisasi dan bimbingan teknis (Bimtek) tentang tata cara pendaftaran dan verifikasi Partai Politik (Parpol) calon Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 serta penggunaan Sistem Informasi Politik (SIPOL), yang berlangsung di Aula KPU Madina, kegiatan ini dianggap penting karena adanya perobahan aturan main dan sistem yang diterapkan pada Pemilu mendatang.

17 Partai Politik yang ada di Mandailing Natal ikut ambil bagian dalam acara tersebut. Dari 17 Parpol yang terdaftar di Kantor Badan Kesbangpol setempat, 11 diantaranya adalah Parpol lama peserta Pemilu 2014 minus PKS, Yakni Partai Nasdem, Partai PDI Perjuangan, Partai PKB, Golkar, Gerindra, Demokrat, PAN, PPP, Hanura, PBB, dan PKPI.

Sementara Parpol baru yang sudah melaporkan keberadaannya di Kantor Badan Kesbangpol Madina yaitu, Partai Perindo, PSI, Partai Idaman, Partai Garuda, Partai Berkarya, dan PPB, diantara ke enam partai baru itu hanya 2 Partai yang tidak hadir,  yaitu, PSI dan Partai Garuda.

Agus Salam Ketua KPU Mandailing Natal mengatakan Sebagaimana diatur PKPU Nomor 7 tahun 2017 tentang tahapan, Program dan jadwal Pemilu tahun 2019, sosialisasi dan bimtek bagi parpol calon peserta Pemilu menjelang tahapan pendaftaran dinilai sangat penting mengingat semakin dekatnya pesta demokrasi di Negara ini.

Dijelaskannya agar semua Parpol yang ingin ikut menjadi peserta pemilu 2019 sesegera mungkin mendaftarkan Parpolnnya ke KPU Mandailing Natal dengan melengkapi semua persyaratan yang memenuhi Undang-undang.

Reporter : Hanapi Lubis

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...