Harga Karet Alam di Madina Tembus Rp.12.000/Kg


Aktifitas pasar lelang karet di Pasar Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Madina yang mulai bergairah pasca naiknya harga.

Panyabungan.StArtNews-Harga Getah Karet alam di beberapa pasar lelang karet yang ada di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) cenderung mengalami trend naik, mulai dari Rp.10.000 hingga harga terakhir sudah mencapai Rp.12.000/ Kg untuk kualitas bagus.

Demikian disampaikan M. Lubis (46) seorang pengepul karet di Panyabungan kepada StArtNews Sabtu (21/1).

Lubis mengatakan, tanda kenaikan harga sudah terlihat sejak bulan Desember kemarin. Dimana permintaan dari pabrik juga ikut meningkat padahal waktu itu sedang musim penghujan pasokan dari petani menurun.

“Harga terus bergerak naik setiap pekannya bisa Rp.500/ Kg dan harga terakhir antara Rp.11.700 hingga Rp.12.000 an per kilogramnya. Harga paling bagus untuk ukuran Mandailing Natal itu di Pasar Lelang Karet Tano Bato/ Kayu Laut Kecamatan Panyabungan selatan”.

Tingginya harga di lokasi itu dijelaskannya melihat dari kualitas kadar getah karet cukup kering, begitu juga dengan unsur tanah pada kebun masyarakat. “Jika kita bandingkan dengan di Panyabungan ada perbedaan antara Rp.1.000/ Kg. Memang akhir – akhir ini petani karetpun terlihat mulai bergairah lagi, seiring dengan meningkatnya peroduk getah karet tersebut” ucapnya.

Rahmat petani karet mengatakan selama ini kebun karet miliknya dibiarkan tanpa dikelola atau di deres, sebab harga tidak sesuai dengan hasil penjualan kepada pengepul.

“Makanya sudah ada 1 tahun lebih kita biarkan begitu saja kebun karet, namun semenjak harga sudah mencapai Rp.9.000/ Kg kemarin sayapun kembali melakukan aktifitas seperti biasanya. Alhamdulilah dengan harga Rp.11.000/ Kg bisalah membantu untuk pereknomian keluarga” ujar bapak 3 orang anak ini sambil berharap agar harga terus membaik.

Reporter : Z Ray

Editor : Hendra Ray

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...