Harga Karet Bertahan di Rp. 8.500

harga-karet-bertahan-di-rp-8-500

Kotanopan-StArtNews Harga karet di Pasar tradisional Kotanopan, Sabtu (22/10) bertahan di angka Rp. 8.500. Harga ini naik sekitar Rp. 200 dari minggu lalu. Walaupun harganya naik, namun jumlah karet yang di jual di pasaran oleh petani karet belum meningkat.

Hamdi Lubis, salah seorang pembeli karet di Kotanopan yang dihubungi mengatakan, naiknya harga karet di level Rp. 8500 sudah berlangsung dua minggu terakhir. Namun walaupun harga karet naik, jumlah karet yang dijual petani di pasaran tidak bertambah.

“Sampai saat ini warga masih memilih  pekerjaan lain dari pada menderes. Hal ini mungkin diakibatkan murahnya harga karet selama ini. Disini sekarang  warga lebih banyak kerja mendulang emas atau mardompeng dari pada menyadap karet.

Selain itu, sebagian warga banyak yang ikut kerja bangunan, sebab sebulan terakhir banyak proyek dan dana desa yang dikerjakan. Jadi mereka lebih memilih kerja serabutan dari pada menyadap karet”‘ ujar Hamdi.

Rusli Lubis salah seorang penderes  karet di Kotanopam mengatakan  naiknya harga karet di level Rp. 8500 belum menggembirakan bagi kalangan petani karet, pasalnya  tidak sebanding dengan mahalnya harga kebutuhan pokok. Makanya tidak mengherankan warga belum berminat kembali menderes karetnya.

“Cocoknya saat ini harga karet Rp. 16.000 – 20.000 /Kg. Itupun masih kurang jika dibandingkan harga kebutuhuan pokok yang belakangan ini semakin naik.
Kalau harga sudah sebesar itu, saya yakin para petani karet akan bergairah kembali menyadap karetnya” ucap Rusli. (Lkt)

Reporter         : Lokot Husda Lubis

Editor              : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...