Harga Karet Merangkak Naik ke Level Rp. 8000

Harga karet merangkak di level Rp.8000

Kotanopan.StArtNews- Harga karet di Pasar tradisional Kotanopan Kec. Kotanopan Kab. Mandailing Natal merangkak naik ke level Rp.8000. Harga ini naik sekitar Rp.500 dibandingkan dengan harga satu minggu sebelumnya.

Pantauan di lapangan,  walaupun harga karet naik, namun jumlah karet masyarakat yang di jual di Pasar Kotanopan menurun.  Menurut beberapa sumber yang dihubungi StArtNews, Sabtu (22/7) menurunnya jumlah karet yang dijual masyarakat disebabkan masih murahnya harga karet, kemudian sebagian warga masih enggan menyadap karetnya karena baru usai hari raya.

Naiknya harga karet ini sedikit menambah semangat para petani karet untuk menyadap karetnya. Mereka berharap, harga karet ini terus naik mencapai Rp.15.000.

Ridwan salah seorang penyadap karet di Kotanopan mengatakan,  naiknya harga karet ini cukup menggembirakan walapun naiknya belum seperti yang diharapkan.  Dirinya berharap harga karet ini terus naik agar harga harga kebutuhan pokok sesuai dengan harga harga karet. Kalau harga seperti ini lebih mahal harga beras 1 kg dari harga karet, ungkapnya.

Harapan yang sama juga di dampaikan Zulkifki Nasution.  “Kita berharap Pemerintah mampu menaikkan harga karet ini.  Sebab, untuk wilayah Mandailing Natal, utamanya daerah Kotanopan mata pencaharian warga adalah menyadap karet. Jadi  kalau harga karet turun sangat berpengaruh kepada ekonomi warga,” ujarnya.

Reporter : Lokot Husda

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...