Harga Kopi Arabika Mandailing Naik Menjadi Rp.35.000/kg

Investor saat meninjau perkebunan kopi arabika Mandailing Sumatera.

Panyabungan, StArtNews- Dalam beberapa hari terakhir harga Biji Kopi Arabika Mandailing Sumatera tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) bergerak naik hingga tembus ke level Rp.35.000/kg dari harga sebelumnya Rp.29.000/kg.

Andi Hakim seorang petani kopi kepada Reporter StArtNews, Senin (23/4) mengatakan harga biji Tanduk Kopi Arabika satu bulan terakhir terus bergerak naik, sehingga petani bertambah gairah.

“Alhamdulillah harga terus membaik, kitapun petani bersemangat. Ditambah lagi untuk penjualan petani tidak usah bingung lagi pedagang langsung datang. Mau dibawa ke pasar pun sudah ada yang langsung menampungnya, “ujarnya.

Ahmad Yasir Lubis Kabid Perkebunan pada dinas Pertanian Madina mengatakan harga biji Kopi Tanduk Kopi Arabika Mandailing Sumatera terus membaik. Hal merupakan dampak dari Hak Paten yang telah diterima.

“Kita perhatikan animo masyarakat untuk bertanam kopi arabika bertambah, apalagi terus bergerak naik harga, perbandingan jika kemarin  grem bean harga sekitar Rp.85.000/kg sekarang sudah tembus Rp.150.000/kg. Karena itu kita optimis produksi kopi akan terus bertambah, “katanya juga seorang pelaku sejarah terbitnya Hak Paten dari Kemenkumham RI.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...