Harga TBS di Madina Turun Hanya Rp.1.300/ Kg

Aktifitas pasar TBS di Kecamatan Sinunukan Kabupaten Madina, harga mengalami trend turun, sehingga petani mengalami kerugian.

Aktifitas pasar TBS di Kecamatan Sinunukan Kabupaten Madina, harga mengalami trend turun, sehingga petani mengalami kerugian.

Panyabungan – StArtNews  Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami trend turun sekitar Rp.100/ Kg sehingga harga hanya berkisar di level Rp.1.300 hingga Rp.1.400/ Kg.

Demikian disampaikan petani Sawit di Kecamatan Sinunukan Supri kepada wartawan, Minggu (16/10).

Supri menjelaskan, penurunan harga itu terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, dimana hasil panen para petani juga sedang mengalami musim trek.

“Sebetulnya dalam satu bulan ini harga TBS sudah bagus dilevel Rp.1.500 an, hanya saja dalam beberapa hari terjadi harga turun, dan kita petani belum mengetahui apa penyebabnya” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan M.Yadi Hasibuan bahwa harga Rp.1.300 itu telah membuatnya mengalami kerugian akibat tidak seimbang dengan biaya yang dikeluarkan untuk pemupukan dan perawatan.

Katanya, harga pupuk tidak pernah turun, begitu juga dengan biaya yang dikeluarkan petani tetap sama, bahkan biaya yang dikeluarkan terus meningkat. Sementara harga TBS terus naik turun.

“Makanya kita harapakan kepada pemerintah untuk melakukan perhatian serius dalam standar harga TBS, agar kita tidak mengalami kerugian. Terutama pada saat harga tiba – tiba turun” harapnya.

Reporter         : Z Ray

Editor              : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...