Harga TBS Kelapa Sawit di Madina Tembus Rp.2.060/Kg

Panyabungan, StArtNews– Harga Tandan Buah segar (TBS) Kelapa Sawit di beberapa wilayah Kabupaten Mandailing Natal (Madina) mengalami kenaikan tipis dari Rp.2.030 / Kg menjadi Rp.2.060 untuk harga papan di pabrik.

Demikian disampaikan Yadi seorang petani sawit di Kecamatan Sinunukan kepada  StArtNews Rabu (22/2).

Yadi mengatakan, bahwa kenaikan harga TBS juga dibarengi dengan harga TBS kampung yang saat ini mencapai Rp.1.800 an/ Kg dari sebelumnya berkisar Rp.1.750/ Kg. Hal ini berdampak terhadap peningkatan geliat ekonomi masyarakat.

“Kita lihat pasca membaiknya harga TBS didaerah ini sedikit banyaknya dirasakan seluruh masyarakat. Pasar tradisional menjadi ramai, kebutuhan rumah tangga Alhamdulilah bisa terpenuhi” ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Mulyadi Hasibuan petani lainnya di Kecamatan Batahan membenarkan ada kanaikan harga TBS meskipun hanya Rp.30, karena selain harga bertahan diatas Rp.1.500/ kg untuk saat ini panen sawit mereka pun lagi bagus.

Dijelaskannya, dengan harga yang mereka terima di level Rp.1.800 hingga Rp.2.000 an sudah merupakan harga memadai jika melihat dari sebelum – sebelumnya yang pernah di level Rp.300/ kg.

“Tentu harga ini sangat kita syukuri, kita masih bisa menyisihkan untuk biaya sekolah anak – anak, kebutuhan dapur dan biaya lainnya. Untuk itu kami tetap berharap harga terus membaik atau minimal bertahanlah” ucap bapak 3 orang anak ini.

 Reporter : Z Ray                                                 

Editor : Hanapi Lubis

 

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...