Harga TBS Sawit di Madina Naik Rp.1.200/kg

Tumpukan TBS Kelapa Sawit pasca naiknya harga di Madina.

Panyabungan.StArtNews- Dalam beberapa hari terakhir harga Tandan Buah Segar (TBS) tingkat petani di Kabupaten Mandailing Natal (Madina) Sumatra Utara mengalami trend naik sekitar Rp.1.200/kg.

Demikian disampaikan petani Sawit di daerah Pantai Barat Madima Riadi kepada wartawan, Selasa  (8/8). Harga sebelumnya hanya Rp 750/kg, padahal panen petani sedang bagus.

“Dari penjualan kemarin harga sudah kembali normal, naiknya sekitar Rp 450/kg untuk Kelapa Sawit kampung, ” ungkapnya.

Sementara harga TBS buah plasma bisa mencapai Rp.1.450/ kg, sebab kualitas buahnya tentu lebih bagus dengan perawatan dan pemupukan memadai.

“Keterangan dari beberapa pengepul serta kondisi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) yang ada di Pantai Barat ini, penyebab naiknya harga tidak ada lagi antrian pembawa TBS, berbeda dengan waktu harga turun memang ada antrian panjang, dan sudah beroperasi kembali PKS yang rusak, kita berharap harga terus bergerak naik, “ujarnya.

Namun berbeda dengan harga di Kecamatan Batahan hanya Rp.800/kg jika harga TBS kecamatan terdekat Sinunukan Rp.1.200/kg. “Sudah begitu lah yang dialami selama ini, akibat buruknya infrastruktur jalan menuju Batahan, “ujar Feri warga Batahan.

Reporter : Z Ray

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...