Hari Ini Bimtek Kades Masih Berlangsung di Medan

Panyabungan.StArtNews-  Bina Mintra Mandiri Indonesia sebagai Lembaga yang diunjuk untuk penyelenggara Bimbingan Teknis Kepala Desa se Kabupaten Mandailing Natal yang hari ini masih berlangsung di Hotel berbintang di kota medan yang beralamat di jalan SM.Raja no 386 Medan menjadwalkan agenda Bintek Pembahasan Materi III yang menghadirkan narasumber dari Kementerian Keuangan.

Materi yang dibahas dalam agenda Bimbingan Teknis Kepala Desa di Mandailing Natal ini adalah tanggung jawab Kepala Desa berdasarkan Permendagri No.113 tahun 2015 dan penataan sistem penata usahaan dan pertanggung jawaban keuangan desa.

Bintek ini sendiri berlangsung sejak Kamis semalam dan akan berakhir hari ini 13 Oktober. selang beberapa hari lewat, Bimtek Kepala Desa juga berlangsung di Hotel Berbintang di Jalan SM.Raja No 18 Medan dari tanggal 10 sampai 13 oktober yang diadakan oleh Lembaga Kajian dan Pelatihan Managemen Indonesia .peserta Bintek sendiri adalah Para Kepala Desa yang sama yang saat ini mengikuti kegiatan Bimtek yang diselenggarakan Bina Mitra Mandiri Indonesia.

Sesuai dengan informasi yang di dapat StArtNews bahwa setiap Kepala Desa dibebani biaya kegiatan senilai Rp.5 .000.000 rupiah yang diambil dari Dana Desa. Dari dua lembaga yang di unjuk sebagai penyelenggara Bimtek, para Kepala Desa mengeluarkan Anggaran 10 .000.000 rupiah per desa nya.

Ada dugaan kuat pihak penyelenggara sengaja mempercepat kegiatan Bimtek Kepala Desa tersebut karena mencuatnya isu dana Bimtek yang dianggap hanya pemborosan anggaran desa dan proyek terselubung Kelompok tertentu.

Bintek Kepala Desa memang masih menjadi sorotan tajam dikalangan penggiat Anti Korupsi Di Mandailing Natal, minimnya informasi seputra kegiatan ini membuat sejumlah organisasi penggiat Korupsi melakukan aksi seperti yang terjadi pada Kamis Kemaren di Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa atau PMD Kabupaten Mandailing Natal.

Menurut salah seorang staf di Bidang Pemerintahan Desa Dinas PMD Mandailing Natal mengatakan bahwa pihak nya tidak ada melakukan interpensi terhadap Kepala Desa Lembaga mana yang harus diikuti oleh Desa sebagai Penyelenggaran Bintek. Namun ironisnya dari 6 Kegiatan Bimbingan Teknis Kepala Desa di Mandailing Natal, seolah telah ada yang mengatur lembaga tertentu, karena semua Kepala Desa mempercayai 1 lembaga untuk satu kali kegiatan Bimtek.

Reporter : Hanapi lubis  

Editor : Hanapi Lubis

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...