Hari Ini Jamaah Haji Asal Mandailing Natal Bergerak Menuju Padang Arafah

berita-haji

Hotel Holiday Inn baru tahun ke 2 beroperasi, tempat tinggal Jamaah Haji asal Mandailing Natal di Makkah

Panyabungan, (Start News) Jemaah haji asal Mandailing Natal, Sumatera Utara dikabarkan hari ini akan bergerak dari pemondokan di Daerah Aziziah tepatnya di Hotel Holiday Inn atau Rumah 410.

Rencana hari ini, seluruh jemaah tentunya bukan jemaah asal Mandailing Natal saja, akan bergerak ke Padang Arofah, besoknya menuju Muzdalifah dan dilanjutkan ke Mina untuk melontar Jumroh.

Hal ini dikabarkan Abdul Hamid, salah seorang Jamaah Haji asal Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara yang diwawancarai secara eksklusif oleh redaksi Start News, Sabtu 10/09.

Abdul Hamid mengaku, Kondisi Cuaca saat ini dikisaran 40 derajat, namun sebelumnya  pernah mencapai 50/derajat.

Namun kata Hamid, Cuaca panas seperti ini sebenarnya tidak masalah apabila mau menuruti saran petugas kesehatan untuk minum air mineral  minimal  8 liter dalam 1 hari dan membawa pelindung apabila beribadah di ruang terbuka.

Dikabarkan, para jamaah yang sakit rata-rata akibat faktor perubahan cuaca seperti batuk dan pilek, dan sampai saat ini sudah 2 orang sempat di opname, satu jamaah sudah pulang dan sudah sehat, satu jamaah lagi baru kemarin masuk rumah sakit di Kantor Kesehatan Haji Indonesia KKHI di Makkah.

Terkait masalah makanan jamaah haji, Abdul Hamid yang sehariannya bekerja sebagai PNS di Kantor DPRD Mandailing Natal mengaku, menyangkut masalah Makanan Alhamdulillah lumayan bagus dengan nasi kotak, buah dan air secukupnya.

Makanan di Makkah diberikan selama 12 hari. Sisanya ditanggung oleh Jamaah melalui living cost yg diterima sebanyak 1500 Rial.

Dijelaskan, Pemondokan jamaah sendiri berjarak lebih kurang 3,5 km ke Masjidil Haram, namun angkutan telah tersedia gratis 24 jam.

“Hal yg menggembirakan untuk tahun ini, pemondokan jamaah kita dapat Hotel yang baru tahun ke 2 operasional. Dan tempatnya sungguh representatif.” Demikian dipaparkan Hamid.

Tim kesehatan sendiri Dibawah pimpinan Dr. Ratna Zagara dan perawat yg ditunjuk aktif memberikan pencerahan dan bimbingan sehubungan dengan kesehatan haji, dan berinsiatif membuat pelayanan rawat di Hotel yg disediakan, apabila tidak memungkinkan karena kekurangan peralatan baru dirujuk ke Sektor. Bahkan Abdul Hamid mengakui belum ada Dokter Pendamping sekreatif Tim Dokter dari Mandailing Natal.

Abdul Hamid berharap, Masyarakat Mandailing Natal turut serta mendoakan Jemaah Haji agar tidak mendapatn kesulitan apapun dan dapat menjalankan seluruh fardhu kifayah haji sehingga menjadi haji yang mabrur dan kembali ke Indonesia dalam keadaan sehat san selamat.

Reporter : Hanapi Lubis

Manager Program & Pemberitaan : Hendra Rangkuti

Admin : Ade

Komentar Anda

komentar

Scroll To Top
Request Lagu
Loading...